Kuil Misterius di Mesir dan Legenda Atlantis dalam Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Kamis, 9 November 2023 | 21:00 WIB
Kuild Edfu yang misterius di Mesir diyakini memiliki kaitan dengan legenda Atlantis dalam mitologi Yunani. (Creative Commons)

Nationalgeographic.co.id—Legenda Atlantis dalam mitologi Yunani telah memunculkan banyak kontroversi dan teori tentang asal usulnya. Konon, ini adalah peradaban kepulauan yang kuat dan menghilang ke laut ribuan tahun yang lalu.

Banyak peneliti mengatakan bahwa Plato sepenuhnya mengarang cerita ini, namun ada juga yang mengatakan bahwa cerita ini mungkin ada hubungannya dengan peradaban nyata. Salah satu klaimnya adalah bahwa catatan Mesir di Kuil Edfu menceritakan legenda Atlantis.

Hubungan antara Mesir dan legenda AtlantisPertama-tama, mengapa kita berharap catatan Mesir mungkin menyebutkan Atlantis dalam mitologi Yunani? Alasannya karena Plato secara khusus menceritakan bahwa kisah Atlantis bermula dari Mesir Kuno.

Plato menyatakan bahwa Critias berbicara tentang suatu masa ketika Solon, anggota parlemen Athena, mengunjungi Mesir. Di sana, para pendeta Mesir menceritakan kepada Solon semua tentang kisah Atlantis.

Semua detail tentang Atlantis dalam Timaeus dan Critias karya Plato konon berasal dari para pendeta Mesir ini. Faktanya, catatan Plato bahkan mengklaim bahwa kisah Atlantis tertulis dalam sejarah orang Mesir, yang disimpan di kuil-kuil mereka.

Oleh karena itu, banyak peneliti yang berupaya mengidentifikasi legenda Atlantis dalam teks-teks Mesir, terutama pada tulisan-tulisan yang ditemukan di dalam kuil.

Salah satu contoh yang dianggap sebagai sumber legenda Atlantis adalah Kuil Edfu. Kuil Edfu adalah sebuah kuil misterius yang terletak di tepi barat Sungai Nil, Mesir Hulu.

Kuil Edfu dan legenda AtlantisKuil Edfu terletak di ujung selatan Mesir, di tepi barat Sungai Nil. Di dinding kuil, kita menemukan mitos menarik yang memiliki kemiripan dengan kisah Atlantis.

Konon, catatan-catatan ini menceritakan mitos dunia purba. Awalnya hanya ada air. Kemudian, muncul sebidang tanah.

Para dewa menyebabkan daratan ini tumbuh menjadi pulau besar dengan gunung yang menonjol di tengahnya.

Di sinilah para dewa paling awal tinggal. Akhirnya, suatu bencana terjadi. Seekor ular besar menyerang pulau itu, dan kemudian pulau itu kembali tertutup air.

Kisah ini memang memiliki beberapa kemiripan dengan kisah Atlantis. Menurut legenda, para dewa terlibat dalam penciptaan sebuah pulau.