Wawancara dengan Peneliti Oxford soal Sampah Indonesia Cemari Afrika

By Utomo Priyambodo, Sabtu, 9 Desember 2023 | 07:00 WIB
Sampah di laut. (Thinkstockphoto)

Nationalgeographic.co.id—Indonesia disebut-sebut sebagai negara sumber utama sampah plastik berbasis darat yang ditemukan di pantai-pantai Seychelles, sebuah negara kepulauan di Afrika. Hal itu dikatakan dalam makalah studi yang terbit di jurnal internasional Marine Debris Pollution pada tahun 2023.

Sampah plastik berbasis darat adalah “plastik yang masuk ke laut dari sungai atau langsung dari pantai,” jelas Noam Vogt-Vincent, penulis utama studi tersebut, yang sewaktu penelitian sedang menempuh studi doktoral bidang oseanografi fisik di University of Oxford dan kini peneliti pascadoktoral di Hawai’i Institute of Marine Biology.

Studi bertajuk “Sources of marine debris for Seychelles and other remote islands in the western Indian Ocean” itu menyimulasikan pergerakan sampah plastik di lautan dunia. Studi ini memakai data arus laut, ombak, dan angin, serta sampah plastik dari pesisir, sungai, dan perikanan, guna memprediksi akumulasi sampah plastik di 27 lokasi di Seychelles dan Samudra Hindia barat. Hasilnya Indonesia tercatat sebagai penyumbang terbesar sampah plastik berbasis darat di pantai Seychelles

Saya berkesempatan mewawancarai Vogt-Vincent melalui surat elektronik mengenai studinya tersebut. Berikut ini adalah petikan hasil wawancara saya dengannya.

Studi Anda menyatakan bahwa Indonesia adalah sumber utama sampah plastik berbasis darat yang ditemukan di pantai-pantai di Seychelles. Hal ini terutama terjadi pada sampah berukuran sedang-besar yang memiliki daya apung tinggi (seperti tutup botol, sandal, botol, dan barang-barang domestik kecil). Bagaimana Anda menjelaskannya?

Pertama, saya ingin menekankan bahwa pernyataan ini hanya berlaku untuk sampah plastik berbasis daratan (yaitu plastik yang masuk ke laut dari sungai atau langsung dari pantai), bukan sampah plastik secara keseluruhan. Banyak polusi plastik yang masuk ke laut dari kapal sehingga, di beberapa pulau di bagian barat Samudra Hindia, hanya sebagian kecil sampah yang berasal dari Indonesia (kemungkinan besar berasal dari perikanan lokal dan/atau sampah yang dibuang dari kapal, sering kali berasal dari Tiongkok). Hal ini penting, karena walaupun sebagian besar sampah yang berasal dari darat (yang lebih mudah dilacak) berasal dari Indonesia, banyak juga pencemaran yang dihasilkan dari laut, dan sumber pencemaran ini masih kurang dipahami. Jadi ini bukan masalah khas Indonesia saja.

Meskipun demikian, secara umum Indonesia masih menjadi sumber pencemaran laut yang signifikan di Samudra Hindia bagian barat. Misalnya, saat pembersihan pantai di Aldabra Atoll, Seychelles, ditemukan berton-ton sandal jepit dan kemasan plastik, dan kami menduga sebagian besar dari barang-barang tersebut mungkin berasal dari Indonesia. Saya rasa hasil ini tidak terlalu mengejutkan - Indonesia telah diidentifikasi sebagai sumber utama polusi di Seychelles selama lebih dari satu dekade.

Mengapa sampah dari daratan Indonesia bisa mencemari Afrika?

Ada beberapa alasan mengapa polusi dari Indonesia menjadi perhatian khusus di Samudra Hindia bagian barat:

Indonesia merupakan salah satu sumber polusi plastik laut terbesar di dunia karena kombinasi dari (1) populasi pesisir yang sangat tinggi, (2) tingginya proporsi sampah yang tidak dikelola dengan baik, dan (3) curah hujan yang tinggi, yang meningkatkan kemungkinan plastik terbawa ke laut (misalnya lihat Jambeck dkk. 2015).

Terdapat arus laut ke arah barat di Samudra Hindia tropis bagian selatan, mengalir melewati Pulau Jawa dan kemudian menuju ke arah barat Samudra Hindia. Akibatnya, plastik yang masuk ke laut dari Indonesia mempunyai kemungkinan yang relatif tinggi untuk terangkut ke arah barat daya Samudra Hindia.

Angin permukaan di selatan Samudra Hindia juga umumnya mengarah ke barat, sehingga plastik yang mengapung di permukaan mengalami 'dorongan' yang lebih kuat ke arah barat Samudra Hindia.