Apa itu Pilar Hercules yang Sering Disebutkan dalam Mitologi Yunani?

By Ricky Jenihansen, Minggu, 10 Desember 2023 | 07:38 WIB
Pilar Hercules Eropa. Istilah pilar Hercules seringkali disebutkan dalam mitologi Yunani. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Pilar Hercules seringkali disebutkan dalam mitologi Yunani dan muncul dengan berbagai latar berbeda. Itu disebutkan dalam konteks atlantis, berbagai pencarian dan tentu saja dalam cerita Hercules sendiri.

Pilar-pilar Hercules bahkan juga disebutkan dalam konteks deskripsi sejarah dunia. Semua ini menimbulkan pertanyaan, apa sebenarnya Pilar Hercules itu?

Pilar sebagai Batas MetaforisSalah satu referensi paling awal mengenai pilar-pilar ini dalam literatur mitologi Yunani berasal dari Pindar. Dia adalah seorang penyair Yunani yang hidup sekitar 500 SM.

Di Olympian, dia mendeskripsikan keunggulan atletik Theron dari Acragas. Dalam konteks ini, dia berkata:

“Jika air adalah yang terbaik dan emas adalah harta yang paling dimuliakan, maka sekarang Theron mencapai titik terjauh dengan keunggulan aslinya; dia menyentuh pilar Hercules."

"Lebih dari itu, orang bijaksana tidak dapat menginjakkan kaki; dan mereka yang tidak terampil pun tidak dapat melangkah lebih jauh dari itu.”

Di sini, Pindar nampaknya menggunakan ungkapan 'Pilar Hercules' sebagai ungkapan yang menunjukkan batas terluar dari sesuatu.

Penggunaan frasa ‘di luar itu orang bijak tidak dapat menginjakkan kaki’ menunjukkan bahwa ia tidak hanya berbicara tentang batasan atletik, namun batasan secara umum.

Pilar sebagai Batas GeografisSejalan dengan itu, ungkapan ‘Pilar Hercules’ juga digunakan dalam konteks batas geografis. Faktanya, kemungkinan besar makna metaforis tersebut berasal dari makna geografis yang lebih literal.

Sebagian besar referensi tentang Pilar Hercules dalam literatur Yunani kuno menempatkannya di wilayah Spanyol.

Hal ini masuk akal, karena Spanyol, untuk waktu yang lama, merupakan batas pengetahuan Yunani di dunia barat.

Spanyol juga menandai batas Laut Mediterania, laut tempat tinggal orang Yunani. Oleh karena itu, masuk akal jika mereka menempatkan pilar-pilar tersebut di area tersebut.