Keajaiban Dunia, Apa Fungsi Sebenarnya Machu Picchu Kekaisaran Inca?

By Ricky Jenihansen, Kamis, 21 Desember 2023 | 13:00 WIB
Machu Picchu adalah salah satu keajaiban dunia yang dibangun oleh Kekaisaran Inca. (Creative Commons)

Nationalgeographic.co.id—Machu Picchu adalah permukiman Kekaisaran Inca yang terletak di Pegunungan Andes Peru, di Lembah Urubamba, sebelah utara Cuzco. Machu Picchu adalah salah satu keajaiban dunia.

Machu Picchu juga terdaftar oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Tapi sebenarnya apa fungsi Machu Picchu dibangun oleh Kekaisaran Inca?

Seperti diketahui, Machu Picchu telah banyak digambarkan sebagai benteng, tempat peristirahatan Kekaisaran Inca, dan kawasan upacara.

Didirikan oleh Pachacuti Inca Yupanqui sekitar 1450, memiliki kapasitas untuk sekitar 1.000 penduduk pada puncaknya, dan termasuk di antara situs paling suci bagi suku Inca.

Machu Picchu (berarti 'bukit tua') adalah sebuah kawasan Kekaisaran Inca yang didirikan oleh dan milik Pachacuti Inca Yupanqui, penguasa Inca pada pertengahan abad ke-15 Masehi. Kepemilikan situs tersebut kemudian diserahkan kepada penerus Pachacuti.

Saat ditemukan kembali oleh penjelajah Hiram Bingham pada tahun 1911 M, kota ini diklaim sebagai ibu kota terakhir suku Inca.

Namun, hal ini terbukti tidak benar ketika ibu kota akhir sebenarnya ditemukan di Vilcabamba, jauh di hilir Lembah Urubamba.

Hipotesis lain mengenai situs yang diajukan oleh para sejarawan awal adalah bahwa Machu Picchu adalah sebuah benteng dan tembok yang kuat, menara besar, dan parit kering dikutip untuk mendukung teori ini.

Kebutuhan akan fortifikasi mungkin muncul dari serangkaian kekeringan parah yang membuat persaingan untuk mendapatkan sumber daya semakin ketat.

Hal ini juga menjelaskan mengapa situs tersebut tidak ditempati dalam waktu yang lama, padahal ketika kondisi air membaik, kebutuhan akan situs benteng tersebut menurun.

Namun sekali lagi, penelitian lebih lanjut mengungkapkan bahwa sebagian besar arsitektur dirancang untuk tujuan keagamaan.

Sementara arsitektur benteng mungkin dibangun untuk memastikan hanya segelintir orang terpilih Kekaisaran Inca yang dapat memasuki situs suci ini.