Sacsayhuaman, Benteng Terbesar yang Pernah Dibangun Kekaisaran Inca

By Ricky Jenihansen, Kamis, 21 Desember 2023 | 16:00 WIB
Kompleks benteng-kuil Kekaisaran Inca Sacsayhuaman (juga Saqsawaman) di Cuzco utara, abad ke-13-15 Masehi. (Creative Commons)

Nationalgeographic.co.id—Sacsyahuaman adalah benteng terbesar yang diketahui pernah dibangun Kekaisaran Inca. Sacsayhuaman juga Sacsaywaman atau Saqsawaman, berarti 'Elang Kerajaan, yang terletak di tepi utara bekas ibu kota Inca, Cuzco.

Benteng Sacsyahuaman dibangun pada masa pemerintahan Pachacuti (1438-1471 M) dan para penerusnya.

Tembok besar dan kokoh ini tetap bertahan hingga saat ini sebagai bukti tidak hanya kekuatan Kekaisaran Inca, namun juga keahlian para arsitek Inca.

Mereka menggunakan pendekatan dalam memadukan struktur monumental mereka secara harmonis ke dalam bangunan dan pemandangan alam.

Sacsayhuaman masih digunakan sampai sekarang untuk peragaan ulang upacara yang terinspirasi dari Kekaisaran Inca.

Benteng terbesar yang dibangun oleh Kekaisaran Inca ini dibangun di tanjung berbatu. Lokasinya ditinggikan menghadap tanah rawa utara di luar ibu kota Inca, Cuzco.

Temuan tembikar menunjukkan bahwa situs tersebut sebelumnya pernah ditempati oleh penduduk Kekaisaran Inca.

Desain benteng ini dikerjakan oleh 4 orang arsitek, yaitu Huallpa Rimachi, Maricanchi, Acahuana, dan Calla Cunchui.

Konstruksi

Pembangunannya dimulai pada masa pemerintahan pembangun besar kekaisaran Inca, Pachacuti Inca Yupanqui. Kemudian dilanjutkan putranya Thupa Inca Yupanqui pada pertengahan abad ke-15 M,

Struktur pertama dibuat hanya dengan menggunakan lumpur dan tanah liat. Penguasa berikutnya kemudian menggantinya dengan batu megah yang menggunakan balok-balok poligonal besar yang dipotong halus.

Banyak di antaranya tingginya lebih dari 4 meter dan beratnya lebih dari 100 ton. Untuk menyelesaikan proyek sebesar itu, 20.000 pekerja direkrut berdasarkan sistem Inca yang sudah mapan.