Apakah Mulan Terinspirasi dari Kisah Nyata di Kekaisaran Tiongkok?

By Sysilia Tanhati, Rabu, 13 Desember 2023 | 16:55 WIB
Hua Mulan adalah salah satu wanita paling legendaris di Kekaisaran Tiongkok. Tindakan heroiknya pertama kali dicatat dalam teks-teks kuno dan diceritakan kembali dalam puisi terkenal Balada Mulan. (Public Domain/CC BY-SA 3.0)

Nationalgeographic.co.id—Hua Mulan adalah salah satu wanita paling legendaris di Kekaisaran Tiongkok. Tindakan heroiknya pertama kali dicatat dalam teks-teks kuno dan diceritakan kembali dalam puisi terkenal Balada Mulan. Di zaman modern, kisah kepahlawanan Mulan kemudian dipopulerkan dalam film Walt Disney Mulan tahun 1998. Saat ini, kisahnya terus diceritakan di sekolah-sekolah di seluruh Tiongkok.

Dalam bahasa Tionghoa, hua berarti bunga dan mulan berarti magnolia. Bunga magnolia merupakan salah satu simbol Tiongkok sejak zaman dahulu.

“Namun, ada informasi berbeda tentang kemungkinan asal-usul Mulan dan nama keluarganya tidak pasti,” tulis Natalia Klimczak di laman Ancient Origins. Dalam teks Sejarah Ming, nama keluarganya adalah Zhu, tetapi dalam Sejarah Qing adalah Wei. Satu-satunya informasi yang pasti adalah bahwa kisahnya ada hubungannya dengan sejarah Kekaisaran Tiongkok pada abad ke-4 atau ke-5 Masehi.

Asal-usul Balada Mulan

Sumber asli cerita Mulan berasal dari salah satu lagu rakyat pada Dinasti Wei Utara (386 M – 557 M) yang berjudul The Ballad of Mulan. Transkripsi pertama Balada Mulan yang diketahui berasal dari abad ke-6. Sayangnya karya aslinya sudah tidak ada lagi dan teks puisi ini berasal dari karya lain yang disebut Music Bureau Collection.

Music Bureau Collection adalah antologi lirik, lagu, dan puisi yang disusun oleh Guo Maoqian pada abad ke-11 atau ke-12. Penulis secara eksplisit menyatakan bahwa Musical Records of Old and New adalah sumber puisinya tentang Mulan.

Kemunculan kisah Mulan berikutnya terjadi pada akhir Dinasti Ming. Pada tahun 1593, penulis drama Xu Wei mendramatisir legenda tersebut dengan judul The Female Mulan atau The Heroine Mulan Goes to War in Her Father's Place. Drama ini terdiri dari dua babak.

Versi terakhir Balada Mulan yang paling penting dimasukkan ke dalam Roman Sui-Tang. Novel sejarah ini ditulis oleh Chu Renhuo pada abad ke-17.

Dengan demikian, kisah rakyat tentang pejuang wanita Hua Mulan tetap hidup dalam ingatan masyarakat.

Puisi yang mengisahkan tentang pahlawan wanita paling berani di Kekaisaran Tiongkok

Balada Mulan tertua yang diketahui terdiri dari 31 bait dan sebagian besar terdiri dari frasa lima karakter. Legenda Mulan telah ditulis dengan banyak variasi, namun alur ceritanya selalu sama.

Mulan dikisahkan sedang mencuci pakaian ketika mendengar tentara sedang merekrut tentara baru. Untuk menyelamatkan ayahnya yang tua dan sakit, Huan Hu, Mulan memutuskan untuk direkrut sebagai “putranya”.