Kisah Kasih Desiree Clary, sang Mantan Kekasih Napoleon Bonaparte

By Galih Pranata, Sabtu, 23 Desember 2023 | 09:00 WIB
Potret Desideria, panggilan kehormatan Désirée Clary yang merupakan mantan kekasih dari Napoleon Bonaparte. Ia kemudian menjadi permaisuri dari raja Swedia. (R Lefévre/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Terkadang, tidak semua cinta berakhir bersama. Seperti halnya kisah Desiree Clary, cintanya kandas bersama Napoleon Bonaparte. Namun, meski tak bersama, lika-liku hidupnya menarik untuk ditulis kembali.

Bernadine Eugenie Desiree Clary nama lengkapnya. Ia lahir pada tanggal 8 November 1777 di Marseille, Prancis selatan. Dia adalah anak bungsu dari sembilan bersaudara yang lahir dari pedagang sutra kaya raya bernama Francois Clary dan istri keduanya, Francoise.

Pada tahun 1794 ayah Desiree Clary meninggal dunia. Diketahui bahwa dia telah meminta untuk diangkat menjadi bangsawan sebelum Revolusi Perancis—menyalahi aturan negara yang membuatnya harus dihukum karena etika politik.

Namun, karena pemerintah Prancis tidak mampu lagi menghukum Francois, pihak berwenang memenjarakan saudara tiri tertua dan wali Desiree, Etienne Clary. Namun, tidak semudah itu Pengadilan Prancis menghukum keluarga Clary.

Pasalnya, ada sosok Desiree yang kritis dengan hal tersebut. Ia dengan berani mengajukan petisi kepada tokoh-tokoh terkemuka untuk menjamin pembebasan Etienne dari penjara dan membebaskannya.

Ada hal menarik. "Selama proses tersebut, dia bertemu Joseph Bonaparte, saudara laki-laki Napoleon," tulis Joanne Hayle kepada Owlcation dalam artikelnya berjudul "Napoleon's Ex, Desiree Clary: Queen Desideria of Sweden and Norway", terbitan 17 September 2023.

Pertemuannya dengan Joseph Bonaparte, mengantar langkah Desiree masuk ke dalam kehidupan Bonaparte. Joseph jatuh cinta pada pandangan pertamanya. "Joseph Bonaparte mengejar Desiree, dan dia melamarnya," imbuhnya.

Dari sana, Napoleon tergugah dengan sosok Desiree. Ia memberi saran kepada Joseph untuk menikahi kakak dari Desiree, (Marie) Julie Clary yang tak kalah anggunnya. Pada akhirnya, Joseph menikahi Marie pada 1 Agustus 1794.

Setelah Joseph menikah dengan kakak Desiree, praktis Desiree tak lagi jadi incaran orang lain. Dari hal tersebut, Napoleon memulai petualangan cintanya.

Seorang penulis bernama Annemarie Selinko menuliskan kisah cinta Napoleon dan Desiree, berjudul Désirée: The Bestselling Story of Napoleon's First Love (2010):

"Menjadi muda, di Perancis, dan jatuh cinta: Desiree yang berusia empat belas tahun tidak dapat mempercayai nasib baiknya." Napoleon dan Desiree memutuskan bertunangan pada bulan April 1795.

Dalam sejarah dunia, Eugénie dalam novel karya Napoleon berjudul 'Clison and Eugénie' adalah pseudonim dari cinta terselubung sang pemimpin Revolusi Prancis, Napoleon bernama Eugénie Désirée Clary. (Wikimedia Commons)