Kisah Hermes Mitologi Yunani Tongkat Ularnya Jadi Lambang Dunia Medis

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 23 Desember 2023 | 07:00 WIB
Dalam mitologi Yunani kuno, Hermes memiliki tongkat kuat, di mana di zaman modern dikenal sebagai lambang dunia medis. (Classical wisdom)

Nationalgeographic.co.id – Hermes adalah dewa pembawa pesan dalam mitologi Yunani kuno. Hermes juga memiliki tongkat kuat yang dikenal sebagai lambang dunia medis. Simbol magis yang sering kita jumpai di dunia modern, meski sebagian orang tak menyadarinya.

Pada hari kelahirannya, dikatakan bahwa Hermes menemukan kecapi, mencuri 50 ekor sapi dari saudaranya Apollo, dan kemudian menyembunyikan ternak tersebut di dalam gua dengan sangat baik sehingga bahkan Apollo tidak dapat menemukannya.

Ketika Apollo mengetahui pencurian saudaranya, dia membawanya ke ayah mereka, Zeus, dalam mitologi Yunani kuno. Hal ini dengan harapan Hermes akan dihukum setimpal. Namun ketika Hermes menyanyikan lagu kecapi kepada Apollo, hal itu membuatnya melupakan semua tentang pencurian tersebut.

Apollo begitu terpesona dengan musiknya sehingga dia memberikan tongkat kepada Hermes untuk menunjukkan penghargaannya.

Tongkat itu kini dikenal sebagai lambang kedokteran, dan itu adalah salah satu fitur Hermes yang paling ikonis. 

Umumnya mengasosiasikan lambang kedokteran dengan Hermes, awalnya lambang itu digunakan untuk merujuk pada tongkat pembawa berita.

Pemberita yang memegang lambang kedokteran dipekerjakan sebagai pembantu raja dan sering menyampaikan pesan. Maka tidak mengherankan jika Hermes, yang bertugas sebagai utusan Zeus, juga memegang lambang kedokteran.

Penyebutan lambang kedokteran yang pertama kali digunakan oleh Hermes berasal dari abad ke-6 SM. Beberapa ahli percaya bahwa orang Babilonia kuno mungkin menyembah Hermes versi sebelumnya, yang peradabannya berlangsung sekitar tahun 2000 SM hingga 540 SM

Hermes dikenal sebagai dewa yang memiliki sandal bersayap. Dia bergerak cepat melintasi langit dan bumi hingga menjadi pembimbing orang mati menuju akhirat. Karena terus-menerus melintasi batas, Hermes dipandang sebagai dewa penipu. Dia adalah dewa pelindung para pencuri, pengelana, pedagang, dan pembawa berita.

Seorang tokoh yang sangat penting dalam mitologi, Hermes juga merupakan dewa perbatasan dalam mitologi Yunani kuno. Patung dirinya, yang dikenal sebagai hermae , sering kali berdiri di persimpangan jalan atau di pintu masuk. Bangsa Romawi mengadopsi banyak dewa Yunani termasuk Hermes, yang mereka sebut Merkurius. 

Lambang kedokteran

Setidaknya pada abad ke -6 SM, Hermes digambarkan memiliki tongkat, yang dikenal sebagai lambang kedokteran. Simbol ini adalah perdamaian yang dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa pemberita Hermes juga merupakan dewa yang tidak dapat diganggu gugat.