Apa Janji Para Kandidat Pilpres 2024 untuk Penanganan Sampah?

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Senin, 25 Desember 2023 | 13:00 WIB
Sampah menjadi permasalahan di Indonesia. Negara ini memerlukan presiden dan wakil presiden yang memiliki komitmen terhadap pengelolaan sampah. Pasalnya, sampah memiliki imbas segala lini, baik dari kesehatan masyarakat, pangan, maupun lingkungan. (Mahandis Yoanata Thamrin/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Sejak lama sampah menjadi permasalahan Indonesia yang menjadi tugas yang harus dituntaskan. "Kebersihan adalah investasi," kata Sri Bebassari, Ketua Dewan Pembina Indonesia Solid Waste Association (InSWA). "Jika filosofinya memandang sampah sebagai investasi, [permasalahan] sampah adalah tanggung jawab."

Sri menjadi salah satu teman diskusi yang diselenggarakan Bijak Memilih dan FORPASI (Forum Peduli Sampah Seluruh Indonesia). Diskusi tersebut bertajuk "1 2 3, Siapa Peduli Sampah?" yang diadakan pada 22 Desember 2023 di Sekretariat Alumni Institut Teknologi Bandung, Jakarta Selatan.

Kepedulian masyarakat dan korporasi tentang sampah cenderung meningkat belakangan, terang Sri. Kepedulian itu menghadirkan berbagai kegiatan untuk membersihkan lingkungannya. Hanya saja, kegiatan tersebut bersifat sporadis yang dilakukan secara kerelawanan atau hobi.

"Ini PR (Pekerjaan Rumah) kita bersama. Bagaimana gerakan-gerakan ini bisa dijahit menjadi satu sistem. Tanpa sistem yang jelas dari pemerintah pusat, hal seperti ini dampaknya tidak akan terlalu signifikan," lanjut Sri.

Padahal, permasalahan sampah di Indonesia sudah sangat perah. Ada banyak Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan sampah menumpuk dan pengelolaan yang buruk.

Aliansi Zero Waste Indonesia mencatat bahwa setidaknya ada 38 TPA terbakar selama Juni—Oktober 2023. Kebakaran ini disebabkan sampah tidak dipilah untuk daur ulang, melainkan dibakar untuk menyediakan pasokan.

Oleh karena itu, penanganan sampah perlu menjadi pembahasan di pemerintah eksekutif. Pada 2024, Indonesia akan memiliki presiden dan wakil presiden baru.

"Siapa pun yang terpilih, semoga isu ini dijadikan prioritas oleh pemimpin mendatang," desak Sri. "Dengan begitu, harapan kita untuk mencapai kesehatan publik dan memitigasi krisis iklim bisa tercapai."

Janji kandidat presiden dan wakil presiden untuk sampah

Pilpres 2024 akan menjadi ajang kontestasi para kandidat. Penanganan sampah sangat diperlukan dalam janji, visi, dan misi mereka untuk menyelesaikan permasalahan yang sudah menahun. Dalam kontestasi politik ini beberapa dari kandidat berpengalaman sebagai pemimpin daerah, sehingga menjadi perhatian dengan mekanisme yang beragam.

Ilustrasi sampah laut Indonesia. (PxHere)

Pasangan nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) berkomitmen untuk menangani sampah. Bahkan, Anies telah memiliki pengalaman dalam penanganan sampah ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.