Lima Kisah Paling Tragis di Mitologi Yunani: Icarus hingga Raja Midas

By Utomo Priyambodo, Selasa, 26 Desember 2023 | 14:00 WIB
Ilustrasi Raja Midas dalam kisah tragis mitologi Yunani. (Flrmprtrix/Deviant Art)

Nationalgeographic.co.id—Cerita-cerita dalam mitologi Yunani memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya. Carita-cerita dalam mitologi Yunani sering kali berupa kisah tragis hingga legenda ajaib yang mungkin tidak masuk akal tetapi sering kali merefleksikan kehidupan dan sifat manusia.

Sebagian orang mungkin akan membayangkan gambaran dua belas dewa dan dewi utama Olympian jika memabahas soal mitologi Yunani. Sebab, 12 dewa-dewi itu mungkin yang paling terkenal dari mitologi Yunani. Namun, mitologi Yunani lebih dari itu!

Tidak semua cerita dalam mitologi Yunani benar-benar melibatkan para dewa dan dewi. Beberapa di antaranya melibatkan manusia dan bahkan mungkin monster.

Tidak hanya itu, tidak semua kisahnya membahagiakan dan penuh keajaiban atau mukjizat. Ada banyak kisah tragis yang menjadi bagiannya. Berikut ini beberapa kisah paling tragis dari Mitologi Yunani.

1. Icarus Jatuh ke Kematiannya

Icarus adalah manusia fana yang memiliki orang tua terkenal. Ayahnya, Deadalus, adalah seorang penemu terkenal yang juga membuat labirin legendaris yang menjebak Minotaur. Ibunya adalah Naucrate, salah satu budak perempuan Raja Minos.

Icarus sangat yakin bahwa dia bisa terbang. Jadi dia menciptakan sepasang sayap yang membawanya ke surga dan seterusnya.

Kisahnya tragis karena dia akhirnya terbang terlalu tinggi. Saat dia mendekati matahari, panasnya melelehkan lilin yang menyatukan sayapnya dan dia terjatuh hingga tewas.

Icarus jatuh karena terbang terlalu dekat dengan matahari dan akhirnya tewas seketika. (Public Domain)

2. Medusa Menjadi Monster

Medusa dikenal sebagai monster yang ditakuti dengan ular di kepalanya. Dia bisa mengubah orang-orang menjadi batu jika mereka menatap matanya.

Dia menemui ajalnya ketika Perseus membunuhnya. Namun, dia tidak selalu menjadi monster.