Di Balik Penciptaan Para Monster Menakutkan dalam Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 1 Januari 2024 | 13:00 WIB
Monster di mitologi Yunani. (History Hit)

Nationalgeographic.co.id – Mitologi Yunani kuno penuh dengan kisah dewa-dewi, pahlawan, dan monster. Di antara banyak makhluk yang ditampilkan dalam cerita-cerita ini, beberapa di antaranya menonjol sebagai monster terhebat. 

Makhluk-makhluk ini dalam mitologi Yunani kuno sering kali dicirikan oleh ukurannya yang sangat besar, penampilan yang menakutkan, dan kekuatan supernatural. Siapa saja mereka?

Typhon

Typhon adalah salah satu monster paling kuat dan menakutkan dalam mitologi Yunani. Dia dikatakan sebagai putra Gaia (Bumi) dan Tartarus (Dunia Bawah), menjadikannya ayah dari semua monster.

Typhon memiliki tubuh mirip manusia, tetapi bagian bawahnya seperti naga atau ular. Tubuhnya ditutupi sayap, sisik, dan ular. Dia mempunyai seratus kepala dan mengeluarkan api dari mulutnya.

Menurut mitos, Typhon dikalahkan oleh Zeus dalam pertempuran besar. Zeus melemparkan petir ke arah Typhon, dan monster itu membalasnya dengan melemparkan kembali gunung dan batu besar ke arahnya. Akhirnya, Zeus mampu menaklukkan Typhon dan menguburkannya di bawah Gunung Etna.

Medusa

Medusa adalah Gorgon menakutkan yang memiliki rambut ular dan bisa mengubah orang menjadi batu dengan tatapannya.

Awalnya, dia pernah menjadi wanita cantik yang dikutuk oleh Athena karena menodai pelipisnya. Setelah transformasinya, dia menjadi salah satu monster paling ditakuti dalam mitologi Yunani.

Medusa akhirnya dibunuh oleh pahlawan Perseus, yang menggunakan perisai reflektif untuk menghindari tatapannya yang membatu dan kemudian memenggal kepalanya. Dari lehernya yang terpenggal muncul kuda bersayap Pegasus dan prajurit Chrysaor. 

Chimera

Chimera adalah makhluk mengerikan berkepala singa, berbadan kambing, dan berekor ular. Dia dikatakan menghirup api dan sangat menakutkan bahkan bayangannya sendiri pun dikatakan membuatnya takut.