Kisah Ketidakadilan Medusa Mitologi Yunani dan Kaitannya di Era Modern

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 7 Januari 2024 | 09:30 WIB
Medusa adalah representasi ketakutan terhadap wanita dalam mitologi Yunani. (Jesenias Goodie Bag)

Nationalgeographic.co.id –  Kisah Medusa dalam mitologi Yunani kuno sangat terkenal. Dia pernah menjadi wanita cantik dan kuat, namun para Dewa Yunani mengubahnya menjadi monster meskipun dia tidak mampu mengendalikan kejadian dalam hidupnya.

Medusa adalah makhluk mengerikan dengan kepala ular yang menggeliat. Yang mungkin tidak mereka ketahui adalah mengapa dia terlihat seperti itu.

Selama bertahun-tahun dan ketika budaya berubah dan berubah, begitu pula kisah Medusa. Seringkali, perubahan ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pada saat itu, namun kisahnya merupakan salah satu mitos tertua yang tercatat dalam sejarah Yunani.

Kisah Medusa telah menarik minat para pendongeng dan sejarawan selama berabad-abad karena kisahnya penuh dengan pengkhianatan, patah hati, dan tragedi.

Ini adalah kisah peringatan tentang bahayanya terlalu percaya dan kekuatan kemarahan dan balas dendam. Ini juga merupakan kisah yang menunjukkan bagaimana keadaan dapat mengubah bahkan orang yang paling cantik di antara kita menjadi makhluk yang mengerikan jika kita tidak hati-hati.

Ada beberapa perdebatan tentang bagaimana Medusa menjadi monster. Ketika asal usulnya dipertimbangkan, sulit bagi banyak penceritaan kembali untuk menyetujuinya.

Kisah-kisah paling awal menggambarkannya sebagai monster sejak lahir. Cerita selanjutnya menggambarkannya sebagai gadis cantik yang berubah menjadi mimpi buruk. Apa pun yang terjadi, tampaknya Medusa adalah korban perlakuan mengerikan para dewa. Jadi mari kita jelajahi asal usul paling populer sedikit lebih dalam.

Salah satu versi tertua asal usul Medusa ditulis oleh penyair Hesiod. Dalam karyanya, Theogony, ia menggambarkan saudara perempuan Gorgon sebagai monster yang lahir dari darah yang muncrat saat Uranus dikebiri dan dibuang ke laut.

Ketiga saudara perempuan ini, Euryale, Stheno, dan Medusa sangat mengerikan sehingga siapa pun yang melihat mereka akan berubah menjadi batu.

Medusa adalah satu-satunya yang fana dari tiga bersaudara, sementara saudara perempuannya tetap awet muda dan abadi. Mungkin ini tidak adil, mengingat Medusa adalah satu-satunya makhluk fana di antara saudara-saudaranya. Ketidakadilan besar inilah yang akhirnya menyebabkan kejatuhannya.

Siapa yang Mengubah Medusa menjadi Monster?

Awalnya, Medusa adalah pendeta Athena, dewa kebijaksanaan dan pertempuran. Melayani Athena mengharuskan wanita muda menjadi perawan dan memberikan hidup mereka kepada dewi dalam mitologi Yunani kuno.