Inilah Para Pahlawan dengan Kekuatan Hebat di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 8 Januari 2024 | 11:30 WIB
Pahlawan-pahlawan terkenal di mitologi Yunani mempunyai kekuatan hebat. Sebagian besar turunan para dewa. (Greekherald)

Nationalgeographic.co.id—Pahlawan adalah manusia yang menunjukkan keberanian, kekuatan, atau keterampilan luar biasa dalam menghadapi kesulitan. Dalam mitologi Yunani, terdapat banyak pahlawan terkenal mempunyai kekuatan hebat.

Mereka sering kali dipanggil untuk menyelesaikan tugas yang mustahil atau menghadapi musuh, seperti monster atau dewa. Banyak dari pahlawan ini juga memiliki keturunan dewa.

Prestasi dan petualangan mereka dirayakan dan diabadikan dalam puisi, cerita, dan karya seni epik. Hal ini menjadikan mereka sosok inspirasi dan kekaguman abadi dalam budaya Yunani. Siapa saja mereka?

Achilles

Achilles adalah salah satu pahlawan paling terkenal karena kekuatan, keberanian, dan kecakapan bertarungnya yang luar biasa dalam mitologi Yunani.

Dia adalah putra Peleus yang fana dan bidadari laut Thetis. Ibunya, mencelupkannya ke sungai Styx saat masih bayi. Hal ini membuatnya hampir kebal, kecuali tumitnya, yang dipegangnya selama proses pencelupan.

Selama Perang Troya, Achilles adalah tokoh kunci di antara pasukan Yunani, bertempur di garis depan dan memimpin pasukannya menuju kemenangan.

Dia dikenal karena kemarahannya dan perlakuannya yang tanpa ampun terhadap musuh-musuhnya. Kisah Achilles juga ditandai dengan persahabatannya yang erat dengan Patroclus, yang terbunuh dalam pertempuran oleh Hector, pangeran Troya.

Diliputi kesedihan dan kemarahan, Achilles membalas dendam dan membunuh Hector, mengikat tubuhnya ke kereta dan menyeretnya berkeliling kota Troy.

Terlepas dari kehebatannya sebagai seorang pejuang, kelemahan fatal Achilles adalah harga dirinya, yang membuatnya menentang para dewa dan menempatkan kejayaannya sendiri di atas nyawa rekan-rekan prajuritnya.

Pada akhirnya, dia terbunuh oleh anak panah di tumitnya, satu-satunya titik rentan di tubuhnya. Kematiannya ditangisi oleh orang-orang Yunani dan Trojan, dan kisahnya terus memikat dan menginspirasi penonton selama berabad-abad. 

Odysseus