Hukuman Aneh Mitologi Yunani: Zeus Mengubah Selingkuhannya Jadi Sapi

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 12 Januari 2024 | 14:00 WIB
Zeus mengubah Io menjadi seekor sapi betina putih demi menyembunyikannya dari istrinya, Hera yang cemburu. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Mitologi Yunani dikenal dengan hukuman-hukuman 'aneh' yang dilakukan para dewa. Bukan tanpa alasan, hukuman tersebut muncul karena adanya hubungan sebab-akibat yang dilakukan, antara pelanggaran dan sanksi yang sesuai. Seperti apa bentuknya?

Zeus Menghukum Prometheus dengan Penyiksaan Abadi

Prometheus adalah seorang Titan terkenal karena sifat liciknya dan banyaknya tipu daya yang ia miliki. 

Prometheus awalnya adalah salah satu pemimpin yang ingin mengobarkan perang atas kekuasaan surga melawan para dewa Olympian ketika para dewa Olympian bermunculan untuk menggantikan para Titan.

Namun, setelah rekan-rekan pemimpinnya menolak, Prometheus beralih pihak dan bergabung dengan Olympian. Hal ini membantu para dewa Olympian mengalahkan para Titan. 

Meski membantu para dewa mengalahkan rasnya, Prometheus berada di pihak yang salah setelah mendukung umat manusia melawan para dewa.

Prometheus juga menipu Zeus dengan menerima tulang dan lemak hewan kurban alih-alih dagingnya. Zeus yang marah bereaksi dengan mengambil api dan rahasianya dari manusia, memaksa mereka makan daging mentah dan menderita kedinginan di malam hari. 

Di Mitologi Yunani, Prometheus menentang Zeus dengan mencuri api dari Gunung Olympus dan menyelundupkannya ke bumi untuk dibagikan kepada umat manusia dan membantu mereka bertahan hidup di dunia.

Ketika Zeus melihat ke bawah ke permukaan bumi dan melihat bahwa kegelapan di daratan telah hilang karena api, dia menjadi marah. Sebagai pembalasan, Zeus mengirim Pandora turun ke bumi dengan sebuah kotak.

Setelah tutup kotaknya dibuka, segala jenis kejahatan yang dapat mengganggu umat manusia pun terlepas—perang, wabah penyakit, kematian, dan kebutuhan akan kerja terus-menerus untuk bertahan hidup.

Hanya harapan yang tersisa di dalam kotak, yang membuat umat manusia terus berjuang meski ada banyak rintangan.

Adapun Prometheus, Zeus menghukumnya dengan berat dengan mengajaknya turun ke Pegunungan Kaukasus, tempat Zeus merantai Prometheus ke batu.