Selidik Bukti Kebenaran Perang Troya dalam Mitologi Yunani Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 13 Januari 2024 | 15:45 WIB
Perang Troya menjadi salah satu konflik paling terkenal dalam mitologi Yunani kuno. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Perang Troya adalah salah satu konflik paling terkenal dalam mitologi Yunani kuno. Kisahnya diabadikan dalam puisi epik Homer, Iliad.

Namun, realitas sejarah Yunani kuno perihal Perang Troya masih menjadi topik perdebatan sejarawan.

Beberapa berpendapat bahwa ini adalah peristiwa mitologi yang tidak pernah terjadi, sementara yang lain berpendapat bahwa hal itu mungkin didasarkan pada fakta sejarah.

Teori seputar Perang Troya terus bermunculan. Lantas, apakah Perang Troya benar-benar terjadi?

Mitos Perang Troya

Kisah Perang Troya seperti yang kita kenal sekarang terutama berasal dari Iliad, yang disusun pada abad ke-8 SM. Menurut puisi tersebut, perang dimulai ketika Paris, pangeran Troy, menculik Helen, istri raja Yunani Menelaus.

Sebagai pembalasan, Menelaus dan saudaranya Agamemnon mengumpulkan armada kapal dan berlayar ke Troy, di mana mereka mengepung kota itu selama sepuluh tahun sebelum akhirnya menjarahnya dengan bantuan prajurit terkenal Achilles.

Banyak detail Iliad yang fantastik, menampilkan dewa dan pahlawan dengan kemampuan manusia super. Beberapa pakar berpendapat bahwa hal ini menunjukkan bahwa cerita tersebut murni mitos dan tidak memiliki dasar kenyataan.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa banyak mitos mempunyai inti kebenaran dan mungkin ada dasar sejarah yang mendasari Perang Troya.

Perang Troya berlangsung selama sepuluh tahun. Selama ini, kedua belah pihak mengalami kerugian yang cukup besar. Perang yang berlangsung cukup lama karena kedua kubu juga cukup berimbang.

Orang-orang Yunani menyusun rencana yang pada akhirnya akan membawa mereka menang. Mereka membangun sebuah kuda besar yang dapat memuat banyak tentara di dalamnya.

Mengumumkan bahwa kuda itu adalah hadiah, Trojan membiarkannya masuk. Setelah malam tiba, pasukan Yunani keluar dari persembunyiannya dan memulai pertempuran yang membuat pasukan Troya terkejut. Yunani akhirnya memenangkan perang.