Kisah Oedipus, Bunuh Ayah dan Nikahi Ibunya Sendiri di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 14 Januari 2024 | 14:10 WIB
Oedipus mempunyai takdir untuk menikahi ibunya dan membunuh ayahnya sendiri dalam mitologi Yunani kuno. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id Oedipus dalam mitologi Yunani kuno dikenal dengan kisahnya yang membunuh ayahnya dan menikahi ibunya sendiri. Dalam budaya Yunani kuno, nasib dan kelahiran adalah dua konsep yang saling terkait.

Orang-orang Yunani percaya bahwa ketika seseorang dilahirkan, jiwa mereka ditentukan untuk takdir tertentu. Tiga Nasib Yunani atau Moirai, mewakili gagasan takdir ini. Mereka memiliki kendali atas kehidupan manusia yang tidak dapat mengubah keputusan yang telah dibuat oleh Moirai

Dalam hal ini, rangkaian takdir Oedipus berisi teror. Pasalnya, ketika ia lahir, orang tuanya diberi ramalan bahwa putra mereka akan tumbuh besar dan membunuh ayahnya, Laius.

Laius dan istrinya Jocasta adalah Raja dan Ratu Thebes. Takut dengan ramalan ini, orang tuanya memutuskan untuk meninggalkan bayinya.

Namun, Oedipus tidak ditakdirkan oleh Moirai untuk mati di pegunungan tinggi Yunani. Penggembala mengambil bayi itu dari pohon.

Kemudian, dia memberikan bayi tersebut kepada seorang utusan, yang kemudian membawa bayi tersebut ke Kerajaan Korintus terdekat. Secara kebetulan, Raja dan Ratu di sana ingin mengadopsi seorang anak, sehingga mereka menerima Oedipus. 

Identitas Oedipus dirahasiakan, bahkan kepada orang tua angkatnya. Mitos Oedipus terekam dalam drama Sophocles, Oedipus the King.

Dalam drama tersebut, sang gembala menceritakan rasa kasihannya terhadap bayi yang ditinggalkan dan harapan untuk menyelamatkannya. Namun, sang penggembala kemudian merasa ngeri dengan dampaknya, di mana penyelamatan anak ini akan menciptakan masa depan yang sangat buruk.

Ketika Oedipus tumbuh menjadi seorang pemuda, dia mendengar ramalan tentang dirinya. Dia ditakdirkan untuk membunuh ayahnya, dan kemudian menikahi ibunya.

Oedipus, yang ingin menghindari nasib ini dengan cara apa pun, memutuskan untuk meninggalkan Korintus. Namun dia masih belum mengetahui bahwa Raja dan Ratu Korintus sebenarnya bukanlah orang tua kandungnya dalam mitologi Yunani kuno.

Di tengah perjalanan, Oedipus terlibat pertengkaran sengit dengan pengelana lain. Oedipus membunuh pengelana itu, dan melanjutkan perjalanannya.

Tanpa sepengetahuannya, Oedipus baru saja memenuhi bagian pertama ramalannya dan membunuh ayah kandungnya yang sebenarnya. Memang benar, Laius adalah seorang musafir.