Kisah Dewa Mitologi Yunani Lahir Tak Wajar, Dionysus dari Paha Zeus

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 15 Januari 2024 | 09:00 WIB
(Theoi.com)

Nationalgeographic.co.id—Mitologi Yunani kuno penuh dengan cerita melahirkan yang aneh. Mulai dari Aphrodite yang merupakan hasil pengebirian Titan, hingga kelahiran Dionysus dari paha Zeus. Seperti apa kisahnya?

Dionysus Lahir dari Paha Zeus

Dionysus adalah dewa anggur di mitologi Yunani kuno. Dewa itu sebenarnya lahir dua kali. Ibunya adalah Semele, seorang manusia yang dihamili oleh Zeus. Hubungannya dengan Zeus menjadi sasaran kecemburuan Hera.

Hera berpura-pura menjadi teman Semele dan bertanya tentang ayah dari bayinya yang belum lahir. Semele membeberkan identitas sebenarnya sang ayah namun Hera pura-pura tidak mempercayainya.

Semele kemudian meminta Zeus untuk memberi tahu dunia tentang putranya, sesuatu yang Hera tahu akan membuatnya marah.

Zeus mengirimkan petir ke Semele, membunuhnya. Namun, dia tidak ingin anaknya yang belum lahir juga meninggal. Dia menjahit janin di pahanya dan beberapa bulan kemudian, Dionysus lahir. 

Kelahiran Athena di Dahi Zeus

Dewi Athena juga merupakan hasil nafsu Zeus terhadap wanita fana. Kali ini wanita itu bernama Metis. Zeus menghamilinya tetapi kemudian mendengar ramalan bahwa Metis akan melahirkan dua anak, di mana anak sulungnya adalah perempuan dan anak laki-laki yang akan menggulingkan Zeus.

Raja para dewa dan dewi Gunung Olympus itu memutuskan cara terbaik untuk melindungi dirinya adalah dengan memakan Metis yang sedang hamil hidup-hidup. Beberapa bulan kemudian, Zeus mulai merasa tidak enak badan.

Dia mengalami sakit kepala yang sangat parah hingga terasa seperti ada sesuatu yang ingin merobek kepalanya. Hephaestus kemudian mengikuti instruksi Hermes dan membelah kepala Zeus untuk melihat apa masalahnya. Saat itulah, dewi Athena melompat keluar dari kepalanya. Dia sudah dewasa dan sudah mengenakan armornya.

Kelahiran Perseus dan Hujan Emas  

Perseus adalah pendiri Mycenae yang legendaris dan salah satu pahlawan mitologi Yunani kuno terhebat. Dialah yang membunuh Gorgon Medusa berambut ular.