Hector, Pahlawan Troy yang Mati Akibat Dendam Achilles Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 19 Januari 2024 | 15:49 WIB
Kematian Patroclus, sahabat Achilles membuatnya dendam hingga membunuh Hector di mitologi Yunani kuno. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Hector adalah seorang pangeran dan pahlawan Troy, putra sulung Raja Priam dan Ratu Hecuba dari Troy. Dia merupakan pewaris takhta Troya di mitologi Yunani kuno.

Namun, versi lain menyatakan bahwa ayah kandung Hector bukanlah Priam melainkan dewa Apollo di mitologi Yunani kuno. Menurut tradisi ini, Apollo berselingkuh dengan istri Priam, Hecuba, dan Hector adalah hasil dari persatuan ini.

Hector adalah seorang pejuang yang hebat, sangat dikagumi tidak hanya karena keterampilan militer dan keberaniannya tetapi juga karena rasa tanggung jawabnya.

Asal-usul Perang Troya

Adik laki-laki Hector, Paris, pergi ke kota Sparta di Yunani. Kemudian, dia kembali bersama Helen, istri cantik raja Sparta dan orang-orang Yunani tidak senang. Mereka menuntut agar Helen dikembalikan.

Ketika perintah ini ditolak, mereka berlayar ke Troy dengan pasukan besar untuk mendapatkannya kembali dengan paksa. Meskipun Hector tidak menyetujui tindakan Paris, dia mengambil tanggung jawab untuk memimpin kotanya melawan invasi Yunani. 

Hector langsung menonjol dalam Perang Troya di mitologi Yunani kuno. Menurut tradisi umum, Hectorlah yang membunuh orang Yunani pertama yang menginjakkan kaki di tanah Troya, seorang pahlawan bernama Protesilaus.

Namun terlepas dari keberanian Hector, orang-orang Yunani berhasil memenangkan Troy. Trojan mundur ke balik tembok kuat mereka. Perang Troya yang berlangsung selama satu dekade pun dimulai. 

Paris dan Menelaus

Menurut Homer, ketika Yunani dan Trojan sama-sama bosan dengan perang yang berkepanjangan, suami Helen, Menelausmenantang Paris untuk berduel.

Jika Menelaus menang, Paris akan mengembalikan Helen, sedangkan jika Paris menang, ia dapat mempertahankan Helen dan Yunani akan pergi.