Sisi Lain Hades, Dewa Kematian Dicap Jahat di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 24 Januari 2024 | 14:00 WIB
Hades, Raja Dunia Bawah atau Dewa Kematian di mitologi Yunani kuno. Dia bertanggung jawab mengatur jiwa orang mati. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Hades adalah raja dunia bawah atau dewa kematian di mitologi Yunani kuno. Dia bertanggung jawab mengatur jiwa orang mati.

Tidak hanya itu, Hades memastikan bahwa mereka yang jahat selama hidup juga akan dihukum setelah kematiannya. Ia terkait erat dengan konsep baik dan jahat karena alasan itu, orang jahat harus dihukum atas perbuatannya. 

Banyak yang memberi kesan buruk pada Hades karena hubungannya dengan orang mati. Apa yang mereka tidak tahu adalah bahwa Hades adalah salah satu dewa yang lebih bertanggung jawab di Pantheon Yunani, bahkan lebih dari saudaranya, raja para dewa, Zeus.

Dalam mitologi Yunani kuno, Hades sangat penting karena dia membawa konsep “dunia lain” ke dunia kehidupan. Tanpanya, tidak akan ada tempat bagi orang mati untuk beristirahat dan mereka akan menghancurkan dunia kehidupan.

Sosok Hades dalam cerita mitologi Yunani jarang muncul. Ceritanya hanya menampilkan kepribadiannya bahkan penjelasan tentang sesuatu yang mendasar seperti pergantian musim.

Pertunjukan terbesar dari Hades dalam mitologi Yunani adalah partisipasinya dalam Pertempuran Titanomachy. Dia menjadi salah satu kekuatan utama Olympian dan bertanggung jawab untuk membebaskan Cyclops, membalikkan keadaan perang.

Dikutip Ancient Pal, Hades bukanlah dewa kematian seperti yang diyakini banyak orang, itu adalah gelar yang dimiliki oleh putrinya, Melinoe, dan Thanatos, saudara kembar Dewa Tidur, Hypnos.

Orang-orang percaya bahwa Hades mengendalikan nasib mereka namun kenyataannya, Hades hanya memerintah mereka yang telah meninggal dan tidak memutuskan siapa yang akan dipilih. Dia memastikan orang mati mempunyai tempat tinggal sehingga mereka tidak tinggal di Dunia Bawah.

Orang-orang Yunani sangat sering berdoa kepada Hades, memberinya pengorbanan untuk mendapatkan bantuannya. Ini karena, setelah kematian, Hades akan memutuskan ke mana jiwa orang terkutuk akan pergi. 

Surga dan neraka dalam mitologi Yunani semuanya berada di bawah kendalinya dan dia sendiri yang menilai siapa yang akan pergi kemana. Hal ini juga menjelaskan mengapa konsep baik dan jahat juga berkaitan erat dengan Hades. 

Hades menunjuk Minos, Rhadamanthus, dan Aeacus sebagai hakimnya atas kematian, tetapi dia akan selalu menjadi penentu keputusan akhir ke mana mereka pergi.