Hades-Persephone Menikah, Memicu Amarah Para Dewa Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 27 Januari 2024 | 16:43 WIB
Pernikahan Hades dan Persephone membuat murka Demeter di mitologi Yunani kuno. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Hades, raja Dunia Bawah atau dewa kematian. Dia memiliki istri yang dianggap menyaingi Aphrodite, dewi cinta dalam hal kecantikan di mitologi Yunani kuno.

Dialah Persephone, dewi panen. Wanita ini sangat memikat Hades hingga membuat dewa menentang saudara-saudaranya dan menculiknya untuk dirinya sendiri.

Persephone diculik oleh Hades yang membuat saudaranya, Demeter kecewa, tetapi hal itu terjadi di bawah persetujuan Zeus karena dia telah berkonspirasi dengannya.

Bagaimana kisah di balik pernikahan Hades dan Persephone yang memancing kemarahan para Dewa lainnya?

Persephone, Anak Zeus dan Demeter di Mitologi Yunani Kuno

Persephone adalah anak Zeus dan saudaranya, Demeter. Dia adalah dewi tumbuh-tumbuhan dan ceritanya biasanya dikaitkan dengan perubahan musim.

Dia digambarkan sangat dekat dengan ibunya yang sangat terpukul saat mengetahui kepergiannya. Persephone kemudian dikenal sebagai ratu Dunia Bawah setelah Hades menculik untuk menjadikannya pengantinnya.

Saat digambarkan bersama ibunya, ia biasanya memegang tongkat kerajaan dan berkas gandum sebagai representasi hubungannya dengan panen.

Di lain waktu, dia digambarkan dengan buah delima yang melambangkan pernikahannya dengan suaminya, Hades, dan wilayah kekuasaannya, Dunia Bawah.

Tanduk Kelimpahan, juga dikenal sebagai Cornucopia dikaitkan dengan keberadaan Persephone untuk mewakili perannya sebagai Dewi Kesuburan.

Kisah penculikannya biasanya diceritakan untuk menjelaskan pergantian musim. Di sini memunculkan salah satu cerita paling terkenal dalam mitologi Yunani.