Mitologi Yunani: Kisah Zeus yang Ingin Balas Dendam dari Manusia Bumi

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 30 Januari 2024 | 17:00 WIB
Zeus, dewa petir mitologi Yunani kuno kerap menghukum manusia. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Zeus, dewa petir telah mencoba membalas dendam dari manusia dalam beberapa kisah di mitologi Yunani. Mengapa dewa sekuat Zeus menginginkan balas dendam dari manusia? 

Zeus dikenal memiliki kepribadian yang berapi-api dengan emosinya yang ditakuti oleh semua orang, baik yang fana maupun yang abadi.

Menurut banyak catatan, Zeus sangat pemarah meskipun banyak penggambaran dirinya menunjukkan dia sebagai orang yang bijaksana dan tenang.

Dorongan seksnya juga tidak pernah terpuaskan, banyak berselingkuh dengan makhluk fana di mana-mana. Dia senang untuk tetap memegang kendali dan menjadi pahlawan kapan pun ada kesempatan di mitologi Yunani kuno.

Dikutip Ancient Pal, Zeus memiliki kepribadian yang penuh warna menurut banyak sumber. Hal ini menjadikannya salah satu dewa yang paling menarik, itulah sebabnya banyak mitologi Yunani kuno didasarkan pada dirinya atau menyertakannya secara langsung dalam beberapa cara.

Kemarahannya sangat ditakuti bahkan para Dewa pun harus waspada di sekitarnya. Dikatakan bahwa para dewa Olympus juga memuja Zeus karena takut mereka harus menghadapi murka jika mereka tidak menghormatinya.

Awal Mula Zeus Ingin Balas Dendam ke Manusia

Dalam pertemuan dahulu kala antara para Dewa dan manusia, manusia bekerja sama dengan Prometheus, pencipta mereka, untuk mempermainkan Zeus agar mereka tetap puas.

Zeus adalah dewa yang sombong dan menganggap hal ini sangat pribadi dan memutuskan untuk menghukum manusia dan Prometheus.

Meskipun raja para dewa ini diketahui menyulut kemarahannya terhadap orang lain, dia melakukannya hanya jika dia merasa hal itu dibenarkan. Tugasnya sebagai dewa keadilan adalah menjaga ketertiban di antara manusia.

Dahulu kala ketika Zeus baru saja memenangkan Titanomachy Besar, dia menugaskan Prometheus, dewa api titan, untuk menciptakan manusia pertama di bumi yang menghuninya.