Monster Kraken dalam Mitologi Yunani Ternyata Berasal dari Kisah Nyata

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 3 Februari 2024 | 11:00 WIB
Monster Kraken dalam mitologi Yunani ternyata berasal dari kisah nyata. (Creative Commons)

Nationalgeographic.co.id – Monster Kraken dalam mitologi Yunani adalah salah satu monster paling terkenal di dunia. Karakter Kraken bahkan diadaptasi berulang kali dalam banyak cerita fiksi dan menjadi budaya pop.

Tapi sebenarnya apa itu monster Kraken? Apakah monster Kraken dalam mitologi benar-benar ada?

Seperti diketahui, monster Kraken telah diadaptasi berulang kali dalam banyak cerita fiksi. Monster Kraken ditampilkan dalam film klasik Clash of the Titans dari tahun 1981, serta remake dari tahun 2010.

Pada Clash of the Titans tahun 1981, Kraken muncul di akhir film. Karakter ini adalah monster terakhir yang harus dikalahkan oleh Perseus, sang karakter utama.

Perseus adalah pahlawan dalam mitologi Yunani kuno. Kehidupan Perseus ditandai dengan petualangan luar biasa, termasuk pemenggalan kepala Medusa, menyelamatkan putri Andromeda dan mendirikan kota Mycenae dan Dinasti Perseid.

Diusir dari Argos sebelum ia dilahirkan karena ramalan buruk, Perseus dibesarkan di sebuah pulau terpencil. Ketika dia sudah dewasa, dia dikirim untuk membunuh Gorgon Medusa.

Zeus memerintahkan Poseidon untuk melepaskan Kraken, yang disebut sebagai Titan terakhir.

Dia melakukan ini karena Raja Acrisius dari Argos telah sangat menyinggung perasaannya. Oleh karena itu, dia mengirimkan Kraken untuk menghancurkan Argos.

Acrisius adalah raja Argos yang legendaris dalam mitologi Yunani. Acrisius adalah putra Abas, namun yang lebih terkenal ia juga merupakan kakek Perseus.

Acrisius lahir di Argos, dan merupakan putra Raja Abas dari Argos dan istrinya Aglaea (juga dikenal sebagai Ocaleia). Keturunan ini menjadikan Acrisius cicit Danaus , raja yang beremigrasi dari Libya ke Argos.

Di akhir film, Kraken menyerang kota Joppa di timur dekat. Putri Andromeda (yang dijodohkan dengan Perseus) diikat ke batu sebagai pengorbanan kepada monster itu.

Perseus tiba tepat pada waktunya. Dia baru-baru ini membunuh Medusa, makhluk yang dapat mengubah siapa pun yang dilihatnya menjadi batu.