Bentuk Hidung dan Tubuh Bisa Pengaruhi Harapan Hidup Anjing Ras

By Laurensia Felise, Minggu, 4 Februari 2024 | 14:00 WIB
Anjing-anjing dengan proporsi tubuh sedang dan moncong datar cenderung hidup lebih pendek dibanding anjing-anjing bermoncong panjang dan bertubuh kecil. (Nancy Guth)

Nationalgeographic.co.id—Ada beragam faktor yang mempengaruhi durasi hidup seekor anjing. Mulai dari gaya hidup dan pola makan, lingkungan, hingga genetik di dalam rasnya. Akan tetapi, penelitian terbaru terhadap usia anjing ras ini menunjukkan bahwa bentuk hidung dan tubuh punya andil di dalamnya.

Studi terbaru dari organisasi sosial Dogs Trust dan Universitas John Moores Liverpool melihat bahwa ada beberapa faktor penentu seekor anjing bisa hidup lebih lama. Beberapa penentunya adalah bentuk hidung yang dilihat bersamaan dengan proporsi tubuh dan jenis kelamin.

Menurut para peneliti, beberapa ras seperti miniature dachshund dan Italian greyhound bisa hidup lebih lama. Alasannya adalah dikarenakan ras-ras anjing ini umumnya memiliki moncong yang lebih panjang dan ukuran tubuh yang kecil hingga sedang.

"Anjing dengan ukuran tubuh sedang dan moncong datar seperti bulldog berpotensi tiga kali lebih berisiko untuk hidup lebih pendek," jelas Kirsten McMillan, penulis utama penelitian sekaligus peneliti data dari Dogs Trust sebagaimana dilansir dari Science Alert.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 584 ribu anjing di Inggris, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, juga melihat harapan hidup dari 150 ras asli maupun ras campuran. Hasilnya, rata-rata harapan hidup keseluruhan anjing bisa mencapai 12,5 tahun.

Lebih rinci, temuan ini juga melihat bahwa anjing-anjing dengan moncong datar (brachycephalic) cenderung memiliki angka harapan hidup yang lebih buruk. Angka ini diambil jika dibandingkan dengan anjing proporsi wajah sedang (mesocephalic) dan bermoncong panjang (dolichocephalic).

Harapan Hidup Anjing-Anjing dari Ras Populer

Anjing-anjing ras dengan harapan hidup terendah adalah French bulldog (9,8 tahun), English bulldog (9,3 tahun), dan mastiff berukuran besar (9 tahun). Sedangkan anjing-anjing dengan harapan hidup tertinggi adalah Italian greyhound dan miniature dachshund (14 tahun), papillon (14,5 tahun), dan Shiba Inu (14,6 tahun).

"Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tingkatan populasi, anjing-anjing ini (anjing bermoncong datar) kurang baik [berdasarkan usia harapan hidup]," tambah McMillan.

Dari segi usia, anjing betina cenderung hidup lebih lama dibanding anjing jantan. Di sisi lain, anjing bertubuh kecil dan sedang dengan moncong sedang hingga panjang bisa hidup dengan rata-rata usia lebih dari 12 tahun.

Di berbagai belahan dunia, ada beberapa ras yang populer untuk dipelihara. Sebut saja French bulldog yang populer di Amerika Serikat, menurut American Kernel Club, yang memiliki angka harapan hidup yang pendek.

Terkenal dengan moncongnya yang datar, anjing yang dianggap lucu karena memiliki kemiripan dengan wajah bayi manusia ini memiliki kekurangannya. Salah satunya adalah masalah pernafasan sebagai dampak dari moncong yang pendek.