Kisah Hades, Dewa Kematian Hingga Musuh Mengerikan di Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 6 Februari 2024 | 12:00 WIB
Hades adalah dewa penjaga dunia bawah di mitologi Yunani kuno. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Sepanjang mitologi Yunani, Hades telah digambarkan sebagai dewa kematian. Dewa yang dijuluki sebagai Raja Dunia Bawah ini mempunyai otoritas penuh atas orang mati.

Dia memutuskan nasib mereka dan dapat dengan bebas mengendalikan mereka untuk melakukan perintahnya karena kematian adalah wilayah kekuasaannya. 

Meskipun Hades tidak disukai oleh para Dewa lain karena posisinya, seluruh Pantheon Yunani masih dianggap sekutunya karena dia tidak pernah bermusuhan dengan mereka. Namun dia memiliki musuh karena Theseus dan Pirithous mencoba mencuri istrinya darinya.

Jarang ada orang yang ingin berteman dengan Hades, tapi tidak ada orang yang cukup bodoh untuk menjadikan dia musuh. Sayangnya, beberapa orang melakukan kesalahan itu dan mereka membayar mahal dengan nyawa mereka. 

Banyak yang tidak menyukai Hades karena ia memerintah orang mati dan tindakan tersebut dianggap tidak suci di mitologi Yunani kuno.

Meski begitu, mereka tidak akan pernah berpikir untuk tetap berada di sisi buruknya dan akan melakukan semua yang mereka bisa untuk menjadi sekutu Hades.

Hades memiliki kendali atas api penyucian versi Yunani, surga, neraka, dan pulau reinkarnasi semuanya dalam bentuk Elysium. 

Meskipun para Olympian benar-benar abadi, beberapa keturunan mereka masih bisa mati dan ini akan memberikan keuntungan bagi Hades dibandingkan mereka.

Tidak ada seorang pun yang menginginkan keturunannya menderita di akhirat. Itu bukan satu-satunya alasan para Olympian menjadi sekutunya.

Hades menghabiskan sebagian besar waktunya di Dunia Bawah, jarang muncul di alam fana atau Gunung Olympus. Hal ini membuatnya jarang mendapat kesempatan untuk mendapatkan musuh.

Hades memiliki kekuatan yang menakutkan serta salah satu makhluk paling kuat pada masanya. Dia memiliki persenjataan menakutkan yang dapat menghancurkan bumi dan kekuatan untuk mengendalikan semua orang mati, manusia, dewa, monster, atau binatang buas.

Tidak semua orang baik-baik saja dengan Hades, tapi mereka tentu senang memiliki seseorang sekuat dia di pihak mereka.