Mengulas Strategi Perang Kuda Troya dalam Mitologi Yunani Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 12 Februari 2024 | 12:00 WIB
Strategi Kuda Troya digunakan dalam Perang Troya mitologi Yunani kuno untuk memenangkan perang. (Public domain)

 

Nationalgeographic.co.id—Strategi perang Kuda Troya menjadi salah satu hal menarik di mitologi Yunani kuno. Taktik ini digunakan oleh orang Yunani untuk memasuki kota Troya dan memenangkan Perang Troya.

Seperti perang Troy, kebenaran Kuda Troya itu masih menjadi bahan perdebatan. Pada tahun 2014, penggalian di lereng bukit yang dikenal dengan nama Hisarlik mungkin telah memberikan bukti baru.

Para arkeolog Turki telah melakukan penggalian di perbukitan tersebut selama beberapa waktu, mencari bukti tentang tempat yang sekarang dikenal sebagai Troy.

Meskipun tidak ada cukup bukti untuk memastikan keberadaan kuda kayu besar, kota tersebut pasti ada. Faktanya, sederet kota berada di kawasan tersebut dan kini dikenal dengan nama Troy.

Arkeolog terkenal Heinrich Schliemann mulai menggali situs tersebut pada tahun 1870. Selama beberapa dekade, sejarawan dan arkeolog lain datang ke situs tersebut hingga situs tersebut dinyatakan sebagai harta nasional dan berada di bawah perlindungan pemerintah Turki.

Selama lebih dari 140 tahun, lebih dari 24 penggalian telah dilakukan. Dua puluh tiga bagian tembok pertahanan telah ditemukan, sebelas gerbang, jalan batu beraspal, dan lima bastion, serta sebuah benteng.

Ada pembagian yang jelas antara Troy dan Kota Bawah. Penghuni yang tinggal di daerah tersebut kemungkinan besar akan berlindung di dalam tembok kota selama pengepungan Troy.

Republik Turki telah mengakui situs tersebut sebagai situs bersejarah yang penting sejak awal tahun 1980an, sehingga memberikan perlindungan penting pada situs tersebut.

Kuda Troya telah lama dianggap sebagai mitos, sama fiksinya dengan kisah-kisah Homer tentang para dewa dan dewi serta pahlawan semi-abadi dan pejuang. Namun, penggalian ini mungkin memberikan wawasan baru tentang penjarahan Troy.

Pada tahun 2014, arkeolog Turki membuat penemuan. Sebuah bangunan kayu besar telah ditemukan di situs Kota Troy yang bersejarah.

Lusinan papan cemara telah digali, termasuk balok yang panjangnya mencapai 15 meter. Potongan-potongan tersebut ditemukan di dalam kota, meskipun papan cemara tersebut biasanya hanya digunakan untuk membuat kapal.

Meskipun para sejarawan telah berspekulasi selama bertahun-tahun tentang sifat sebenarnya dari Kuda tersebut, ini adalah pertama kalinya bukti ditemukan tentang struktur itu sendiri.