Mitologi Yunani: Benarkah Hades, Diusir dari Gunung Olympus?

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 13 Februari 2024 | 16:00 WIB
Hades adalah penguasa Dunia Bawah di mitologi Yunani kuno. (Public domain)

 

Nationalgeographic.co.id—Zeus memenangkan Perang Titanomachy di mitologi Yunani kuno. Dewa petir ini membuat semua saudara kandungnya memerintah di puncak Gunung Olympus sebagai bagian dari 12 Olympian, semuanya kecuali Hades

Semua orang melakukan bagian mereka untuk perang panjang dan diberi imbalan untuk duduk di antara Pantheon Zeus, tapi mengapa saudaranya malah dibuang ke Dunia Bawah di mitologi Yunani kuno?

Bertentangan dengan kepercayaan populer, Hades tidak pernah diusir dari Gunung Olympus.

Dia rela pergi ke Dunia Bawah setelah saudara-saudaranya mengambil undian untuk melihat dimana mereka memerintah.

Zeus mengambil undi untuk menguasai langit, Poseidon menguasai lautan, dan Hades menguasai Dunia Bawah mitologi Yunani kuno.

Banyak yang percaya bahwa Hades di mitologi Yunani kuno dibuang ke Dunia Bawah karena dia adalah personifikasi kejahatan. 

Hal ini jauh dari kebenaran karena para dewa melakukan pembagian untuk daerah yang akan dikuasainya.

Ketika perang Titanomachy berakhir setelah 10 tahun perang, para dewa Olympian muncul sebagai pemenang atas para pendahulu Titan. Mereka  memutuskan untuk memerintah dari Gunung Olympus.

Masalahnya di sini adalah kenyataan bahwa ketiga bersaudara itu harus memutuskan antara memerintah masing-masing wilayah.

Demi keadilan, tiga bersaudara Olympian, Zeus, Poseidon, dan Hades mengambil undian alih-alih membandingkan kekuatan mereka karena Zeus jauh mengungguli mereka berdua jika digabungkan.

Hasilnya adalah Zeus akan menguasai langit, sedangkan Poseidon dan Hades masing-masing akan menguasai laut dan dunia bawah.

Karena dunia bawah berada di alam yang jauh dari Gunung Olympus, Hades tidak bisa memerintah dari markas Olympia dan harus tinggal di dunia bawah.