Paradoks Evolusi Manusia: Realita Ambang Keruntuhan Lingkungan Global

By Wawan Setiawan, Sabtu, 17 Februari 2024 | 11:10 WIB
Menurut Peneliti UMaine, budaya lebih mendorong evolusi manusia daripada genetika. (The University of UMaine)

Nationalgeographic.co.id - Ketika Charles Darwin menerbitkan On the Origin of Species pada tahun 1859, ia menguraikan teori ilmiah baru. Darwin beralasan bahwa populasi organisme berevolusi dari generasi ke generasi melalui proses yang disebutnya “seleksi alam”.

Karyanya memberikan bukti bahwa keanekaragaman kehidupan di Bumi muncul melalui keturunan yang sama melalui pola evolusi yang tidak jelas. Asal menjelaskan keanekaragaman dan keberadaan spesies tumbuhan dan hewan baru, namun Darwin menjawab pertanyaan tentang apa sebenarnya arti proses ini bagi manusia dan awal mula biologis kita.

Baru setelah The Descent of Man, dan Selection in Relation to Sex, yang diterbitkan dua belas tahun kemudian, Darwin mengangkat pertanyaan tentang evolusi manusia secara khusus, dan menyebut pertanyaan tentang asal usul spesies kita sebagai “masalah tertinggi dan paling menarik bagi para naturalis."

The Descent of Man menguraikan teori dan bukti evolusi manusia yang telah dikumpulkan Darwin, serta argumennya tentang asal-usul peradaban, ras manusia, dan perbedaan jenis kelamin—seperti bukti untuk masing-masing hal tersebut pada tahun 1871. Sejak diterbitkannya, telah memicu perdebatan sengit di kalangan ilmiah, belum lagi semangat yang dipicu oleh kelompok agama, politik, dan sosial.

Dan kini, sebuah studi baru berkaitan dengan evolusi manusia, telah menemukan hal yang sangat mengkhawatirkan.

Manusia mendominasi planet ini dengan alat dan sistem untuk mengeksploitasi sumber daya alam yang telah disempurnakan selama ribuan tahun melalui proses adaptasi budaya terhadap lingkungan.

Ahli biologi evolusi Universitas Maine, Tim Waring, ingin mengetahui bagaimana proses adaptasi budaya terhadap lingkungan dapat memengaruhi tujuan penyelesaian masalah lingkungan global. Apa yang dia temukan ternyata berlawanan dengan intuisi.

Peneliti UMaine melakukan studi pertama tentang adaptasi budaya terhadap perubahan iklim. (The University of UMaine)

Ekspansi manusia secara global difasilitasi oleh proses adaptasi budaya terhadap lingkungan. Hal ini mengarah pada akumulasi ciri-ciri budaya adaptif - sistem dan teknologi sosial yang membantu mengeksploitasi dan mengendalikan sumber daya lingkungan seperti praktik pertanian, metode penangkapan ikan, infrastruktur irigasi, teknologi energi, dan sistem sosial untuk mengelola masing-masing sumber daya tersebut.

“Evolusi manusia sebagian besar didorong oleh perubahan budaya, yang lebih cepat dibandingkan evolusi genetik. Kecepatan adaptasi yang lebih tinggi ini memungkinkan manusia untuk menjajah seluruh lahan yang dapat dihuni di seluruh dunia,” kata Waring, profesor di Pusat Solusi Keberlanjutan dan Sekolah Ekonomi Senator UMaine, George J. Mitchell.

Selain itu, proses ini semakin cepat karena adanya proses umpan balik yang positif: ketika kelompok semakin besar, mereka akan mengumpulkan ciri-ciri budaya adaptif dengan lebih cepat, sehingga menyediakan lebih banyak sumber daya dan memungkinkan pertumbuhan yang lebih cepat.

“Selama 100.000 tahun terakhir, ini merupakan kabar baik bagi spesies kita secara keseluruhan.” tutur Waring, “Tetapi perluasan ini bergantung pada sejumlah besar sumber daya dan ruang yang tersedia.”