Kaset dan Walkman dalam Sejarah Dunia Musik yang Mulai Terlupakan

By Wawan Setiawan, Minggu, 3 Maret 2024 | 13:00 WIB
Kaset memegang peran besar dalam sejarah dunia musik pada 1980-an dan 1990-an. (WikipediaMalcolm Tyrrell)

Nationalgeographic.co.id—Zaman terus berubah, teknologi dan perangkat elektronik dalam sejarah dunia musik dengan inovasi terbarunya selalu saja bermunculan. Hal ini tentu saja membuat beberapa perangkat lama menjadi mulai kuno dan secara perlahan ditinggalkan. Seperti halnya yang terjadi dengan dua perangkat bermusik ini: kaset dan walkman.

Bagi penggemar musik era 70 hingga 80an pasti mengenal kaset dan walkman. Kedua item tersebut seolah pada masanya tak pernah bisa dipisahkan. Mudah dibawa kemanapun agar bisa mendengarkan musik.

Kaset adalah salah satu teknologi pertama yang memungkinkan kita berbagi musik dan rekaman dalam skala yang lebih luas. Saat ini, kita mungkin menganggap kaset sebagai artefak retro dan vintage dari masa yang lebih funky dan asyik; namun penemuan luar biasa ini membantu masyarakat maju menuju beberapa teknologi terbaik yang pernah ada.

Kaset, adalah format media analog yang dikembangkan pada tahun 1962 oleh penemu dan insinyur Belanda Lou Ottens untuk Perusahaan Philips. Awalnya dipasarkan untuk dikte, kaset ini berukuran lebih kecil dari sebungkus rokok. Saat itu, dikarenakan kapasitas penyimpanan datanya yang signifikan, menjadikannya format yang cocok untuk musik pra-rekaman.

Kaset menjadi format audio standar dari akhir tahun 1970an hingga awal tahun 90an setelah pemutar kaset portabel pertama tersedia bagi masyarakat umum untuk merekam, berbagi, dan memutar musik dengan nyaman.

Pemutar kaset portabel pertama yang mendapatkan popularitas adalah Sony Walkman. Perangkat genggam yang kecil, mobile, dan murah ini memungkinkan orang mendengarkan kaset dan radio AM/FM dengan headphone.

Sony Walkman merevolusi cara orang mendengarkan musik karena memungkinkan orang mendengarkan audio yang direkam sebelumnya atau radio di satu perangkat saat bepergian.

Sony Walkman TPS-L2 asli tahun 1979. Pemutar kaset portabel pertama yang sukses di masanya dalam sejarah dunia musik. (Wikipedia/Binarysequence)

Inovasi besar lainnya dalam budaya kaset adalah boombox. Lebih besar dari Sony Walkman tetapi juga portabel, sering kali berisi satu atau dua deck yang digunakan untuk merekam dan memutar kaset.

Fitur menonjol dari boombox adalah speaker berukuran besar, yang menyaingi teknologi sistem stereo rumah pada tahun 1980-an.

Portabilitas boombox, kemampuan untuk merekam, dan menghasilkan bass yang kuat menjadikannya bagian integral dari budaya Hip-Hop, karena digunakan untuk memutar musik, breakdance dan battle raps juga merupakan cara yang murah untuk membuat kaset demonstrasi atau "demo" untuk calon rapper dan DJ kala itu.

Fenomena budaya menarik lainnya yang lahir di era boombox asli adalah mixtape yang dihasilkan dari kemampuan merekam lagu dalam kaset dari radio boombox.