Jugurtha dari Numidia, Tentara Romawi yang Berubah Jadi Musuh Besar Roma

By Utomo Priyambodo, Sabtu, 2 Maret 2024 | 07:00 WIB
Raja Jugurtha dari Numidia adalah salah satu musuh paling licik Kekaisaran Romawi. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Banyak musuh Romawi yang sebelumnya pernah mengabdi untuk Kekaisaran Romawi. Salah satunya adalah Jugurtha dari Numidia.

Saurav Ranjan menulis bahwa Jugurtha pernah bertugas dalam tentara Romawi di masa mudanya. Jadi dia mengetahui segala informasi mengenai kelemahan dan kekuatan pasukan tentara Kekaisaran Romawi.

Kerajaan kuno Numidia yang kelak dipimpin Jugurtha terletak di Afrika Utara di wilayah yang saat ini setara dengan beberapa bagian Aljazair Barat dan beberapa bagian kecil Tunisia Timur. Jugurtha naik ke tampuk kekuasaan dan menjadi raja dengan membunuh dua saudara tirinya. Pembunuhan Adherbal, salah satu dari dua saudara tirinya itu, sangat dibenci di Roma.

Jugurtha juga telah membantai kota Cirta, ibu kota Adherbal pada sekitar tahun 112 SM. Aksi pembunuhan ini membawanya ke konflik langsung dengan Roma.

Roma telah mengirim komandan Lucius Calpurnius Bestia ke Numidia pada tahun 111 SM. Meskipun Bestia memperoleh banyak keuntungan dalam pertempuran berikutnya, dia tidak dapat mengakhiri perang secara meyakinkan, tak mampu membuat Jugurtha menyerah. Tak lama kemudian Jugurtha menggunakan cara liciknya dan menyuap Bestia untuk kembali ke Roma, meninggalkan pasukan di Numidia.

Dia kemudian menyuap pasukan yang tersisa juga. Dan ketika dipanggil ke Roma, dia berhasil menyuap orang-orang di sana dan kembali tanpa membahayakan dirinya sendiri.

Riwayat Kelicikan Jugurtha

William Stroock menulis bahwa Jugurtha, raja negeri gurun Numidia, sudah lama menjadi antagonis Republik Roma. Selama lebih dari satu dekade peperangan, ia adalah seorang komandan medan perang yang berani dan licik yang menggunakan kecepatan dan tekad untuk menipu konsul Romawi, bahkan ketika Romawi secara sistematis menaklukkan negerinya.

Jugurtha mengambil perannya secara alami. Ayahnya, Raja Micipsa, membagi kerajaannya (sebagian besar wilayah utara Aljazair saat ini) di antara ketiga putranya, Jugurtha, Hiempsal, dan Adherbal, dan tidak ada satupun yang senang dengan pengaturan tersebut.

Yang paling mampu dari ketiganya adalah Jugurtha, seorang pria tampan, cerdas, aktif yang menghindari kemewahan untuk gaya hidup yang kasar. Gaya hidupnya ini menjadikan dirinya terkenal sebagai atlet dan pemburu hewan besar.

Khawatir akan ketenaran putranya, Micipsa memberi Jugurtha komando kontingen Numidian yang dikirim untuk membantu Roma dalam pengepungan Numantia Spanyol (134-133 SM), dengan harapan dia akan terbunuh. Sebaliknya, Jugurtha unggul dalam seni perang, memimpin pasukannya dengan cakap dalam pertempuran dan menjadi populer di kalangan pasukan Romawi. Dia sangat mengesankan komandan Romawi, Scipio Aemilianus, yang memanfaatkannya untuk tugas-tugas sulit dan memperlakukannya sebagai teman.

Pada pertemuan beberapa hari setelah kematian Micipsa pada tahun 118 SM, Jugurtha menyuruh Hiempsal membunuh dan kemudian secara sistematis membantai sekutu Adherbal di berbagai kota Numidia, melemparkan beberapa korbannya ke serigala dan singa dan menyalib yang lain. Adherbal, yang digambarkan oleh sejarawan Romawi Sallust sebagai sosok yang pendiam, damai, dan lemah lembut, bukanlah tandingan Jugurtha yang kejam, yang dengan cepat mengalahkan pasukan saudaranya yang masih hidup. Adherbal melarikan diri ke Roma dan memohon bantuan Senat.