Romulus dan Remus, Pendiri Kota Roma dan Tokoh Penting Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Jumat, 15 Maret 2024 | 12:00 WIB
Romulus dan Remus pendiri Kota Roma ternyata tokoh legendaris mitologi Yunani. Keduanya dibesarkan oleh serigala betina. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Pendiri Kota Roma, Romulus dan Remus adalah tokoh legendaris dalam mitologi Yunani. Keduanya bersama-sama mendirikan Kota Roma menurut legenda terkenal.

Perselisihan antara keduanya, membuat Romulus membunuh saudaranya Remus dan akhirnya sendirian mendirikan Kota Roma dan menamainya dengan namanya sendiri.

Menariknya, ternyata keduanya berasal dari mitologi Yunani. Versi paling terkenal dari kisah Romulus dan Remus ditemukan dalam tulisan Livy.

Ia adalah seorang sejarawan Romawi yang hidup pada abad pertama SM. Menurut Livy, Romulus dan Remus adalah keturunan dinasti kota Alba Longa.

Garis keturunan raja ini adalah keturunan Aeneas. Dia adalah seorang pangeran Troy yang selamat dari Perang Troya dan bermigrasi ke Italia bersama sekelompok pengikutnya.

Salah satu keturunan jauh Aeneas adalah Raja Numitor dari Alba Longa. Ia memiliki seorang putri bernama Rhea Silva. Rhea adalah ibu dari Romulus dan Remus.

Adik dari Numitor, Amulius ingin mengambil alih kekuasaan dan berusaha membunuh kedua bayi Rhea dengan cara menenggelamkan mereka di Sungai Tiber.

Namun, bayi-bayi tersebut diselamatkan dan dibesarkan oleh seekor serigala betina. Akhirnya, Romulus dan Remus tumbuh dewasa.

Mereka kemudian membunuh paman buyut mereka Amulius, dan mengembalikan kakek mereka Numitor ke tahta Alba Longa.

Setelah itu, mereka memutuskan untuk mendirikan sebuah kota di Sungai Tiber, tempat serigala betina menyelamatkan mereka.

Namun, dalam perkembangan kota, mereka mengalami perselisihan. Hal ini menyebabkan Romulus membunuh saudaranya dan menamai kota baru tersebut, Roma yang diambil dari namanya sendiri.

Versi lain