Yokai Mitologi Jepang di Balik Raja Iblis Dalam 'Demon Slayer'

By Tri Wahyu Prasetyo, Senin, 1 April 2024 | 21:00 WIB
Sering digambarkan sebagai yokai (makhluk gaib) tua dengan kepala berbentuk labu dan mengenakan jubah kesa tradisional, Nurarihyon telah menjadi inspirasi bagi cerita-cerita modern sejak abad ke-18. (Via National Geographic)

Nationalgeographic.co.id—“Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba”, serial manga Kekaisaran Jepang yang pertama kali diterbitkan pada tahun 2016, dengan cepat menjadi salah satu waralaba media yang paling sukses hingga saat ini.

Serial ini mengisahkan tentang remaja Tanjiro Kamado, yang menjadi pembasmi iblis setelah keluarganya dibantai dan adik perempuannya, Nezuko, berubah menjadi iblis.

Sepanjang rangkaian, Tanjiro dan teman-temannya bertemu dengan berbagai macam monster. Banyak di antaranya yang menyerupai iblis, atau oni, dari cerita rakyat Jepang.

Salah satu tokoh penting dalam serial tersebut adalah adalah tokoh antagonis Muzan Kibutsuji. Raja iblis yang penuh teka-teki ini dikenal karena kekejamannya, kecerdikannya, dan kekuatannya yang luar biasa.

Dia memiliki kekuatan yang luar biasa dan merupakan ancaman besar bagi para utama utama dalam upaya mereka untuk membasmi kejahatan.

Karakter Muzan Kibutsuji dalam serial Demon Slayer. (Meduzanol/GoodfFon)

Menurut Anne Taylor, dilansir dari laman National Geographic, kemampuan dapat berubah bentuk Muzan Kibutsuji dan kekuatannya yang lain identik dengan Nurarihyon, yokai legendaris di Kekaisaran Jepang.

"[Yokai] umumnya menempati zona spiritual di suatu tempat di antara kami (dewa-dewa Shinto atau roh) dan oni," kata John Pavel Kehlen, profesor sastra Asia di Universitas Soka Amerika. 

Mereka tidak berada di surga atau di neraka, Kehlen melanjutkan, “tetapi hidup di dunia manusia karena mereka memiliki keterikatan yang masih ada, entah itu kemarahan, obsesi romantis, nafsu, atau keinginan untuk membodohi orang."

Meskipun asalnya tak jelas, Nurarihyon telah memikat banyak orang dan mengilhami berbagai karya dalam budaya populer.

Sejak munculnya dalam cerita-cerita tradisional Jepang hingga adaptasinya dalam berbagai karya modern—seperti "GeGeGe no Kitarō", "Nura: Rise of the Yokai Clan", "Hozuki's Coolheadedness", dan novel grafis seperti "Nurarihyon no Mago" dan "The Haunted Bookstore:Gateway to a Parallel Universe."—peran Nurarihyon telah menjadi simbol dari dunia yokai dan memperkaya warisan budaya Jepang. 

Keberadaannya juga sering digunakan sebagai elemen plot yang penting dalam berbagai cerita yang syarat akan keajaiban dan kegelapan.