Gerhana Matahari dan Kisah Matahari yang Sekarat dalam Peradaban Maya

By Sysilia Tanhati, Senin, 8 April 2024 | 14:00 WIB
Maya kuno bisa dibilang salah satu pengamat langit terhebat. Sebagai ahli matematika ulung, mereka mencatat pengamatan sistematis terhadap pergerakan Matahari, planet, dan bintang. (Victor Casillas Romo/CC BY-SA 3.0)

Nationalgeographic.co.id—Kita hidup di dunia yang tercemar cahaya. Lampu jalan, iklan elektronik, dan bahkan penerangan di halaman rumah pun menghalangi semua benda langit. Yang terlihat hanya benda langit paling terang di langit malam.

Namun jika Anda pergi ke pedesaan, pegunungan, atau daerah yang belum terkena polusi udara, nikmatilah indahnya langit malam.

Pemandangan langit ini dinikmati oleh manusia selama ribuan tahun. Masyarakat pra-modern mengamati langit dan menciptakan kosmografi, peta langit yang memberikan informasi untuk kalender dan siklus pertanian. Mereka juga menciptakan kosmologi, yang dalam penggunaan aslinya adalah keyakinan agama untuk menjelaskan alam semesta. Para dewa dan surga tidak dapat dipisahkan.

Langit bersifat teratur dan bersiklus, jadi perhatikan dan rekam cukup lama dan Anda akan menentukan ritmenya. Banyak masyarakat yang mampu memprediksi gerhana bulan secara akurat, dan beberapa juga dapat memprediksi gerhana matahari. “Seperti yang akan terjadi di Amerika Utara pada tanggal 8 April 2024,” tulis Kimberly H. Breuer di laman Live Science.

Jalur totalitas, saat Bulan menghalangi Matahari sepenuhnya, akan menyeberang ke Meksiko di pantai Pasifik sebelum memasuki Amerika Serikat di Texas. Peristiwa ini akan terlihat sebagai gerhana sebagian di wilayah yang dulunya ditempati oleh bangsa Maya.

Satu milenium yang lalu, dua gerhana matahari serupa terjadi di wilayah yang sama dalam kurun waktu 6 bulan. Hal ini menyebabkan para astronom, pendeta, dan penguasa Maya melakukan aktivitas yang hiruk pikuk.

Astronom kuno dalam sejarah dunia kuno

Maya kuno bisa dibilang salah satu pengamat langit terhebat. Sebagai ahli matematika ulung, mereka mencatat pengamatan sistematis terhadap pergerakan Matahari, planet, dan bintang.

Dari pengamatan ini, bangsa Maya menciptakan sistem kalender yang rumit untuk mengatur dunianya. Sistem ini merupakan salah satu sistem kalender paling akurat di zaman pra-modern.

Para astronom mengamati Matahari dengan cermat dan menyelaraskan struktur monumental, seperti piramida, untuk melacak titik balik matahari dan ekuinoks. Mereka juga memanfaatkan struktur ini, serta gua dan sumur, untuk menandai hari puncak. Hari puncak terjadi dua kali setahun di daerah tropis saat Matahari berada tepat di atas kepala dan objek vertikal tidak menghasilkan bayangan.

Para juru tulis Maya menyimpan catatan pengamatan astronomi dalam kodeks. Kodeks tersebut berupa buku lipat hieroglif yang terbuat dari kertas kulit pohon ara. Kodeks Dresden, salah satu dari empat teks Maya kuno yang tersisa, berasal dari abad ke-11. Halaman-halamannya berisi kekayaan pengetahuan astronomi dan interpretasi agama serta memberikan bukti bahwa suku Maya dapat memprediksi gerhana matahari.

Dari tabel astronomi kodeks tersebut, para peneliti mengetahui bahwa bangsa Maya melacak titik-titik bulan, dua titik di mana orbit Bulan berpotongan dengan ekliptika — bidang orbit Bumi mengelilingi Matahari. Mereka juga membuat tabel yang dibagi menjadi 177 hari musim gerhana matahari. Tabel tersebut menandai hari-hari di mana gerhana mungkin terjadi.