Apakah Ada Manusia yang Hidup hingga 100 Tahun pada Zaman Kuno?

By Utomo Priyambodo, Sabtu, 13 April 2024 | 08:00 WIB
Orang-orang di zaman kuno memiliki angka harapan hidup yang rendah. Apakah ada yang hidup sampai 100 tahun? (Hans Splinter/Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Kemungkinan manusia merayakan ulang tahun keseratus telah meningkat secara dramatis sejak Revolusi Industri. Namun jumlah absolut orang yang berumur seratus tahun masih tetap rendah, yaitu kurang dari 100 per 1 juta orang secara global.

Dalam pencarian terhadap usia super prasejarah, para ilmuwan telah mencatat bahwa umur manusia meningkat dua kali lipat selama periode sekitar 300.000 tahun evolusi. Mereka menemukan bahwa kerangka Homo sapiens dan Neanderthal secara umum menunjukkan lebih banyak tanda-tanda usia tua dibandingkan spesies hominid sebelumnya.

Angka harapan hidup kemudian meningkat dua kali lipat lagi setelah tahun 1800. Itu adalah momen ketika era industri menandai kemajuan besar dalam bidang kesehatan dan peningkatan standar hidup.

Pada titik ini, penting untuk menyoroti perbedaan antara angka harapan hidup dan umur. Angka harapan hidup merupakan ukuran rata-rata usia kematian dalam suatu populasi, sedangkan umur menunjukkan usia maksimum yang dapat dicapai oleh seseorang.

Angka harapan hidup manusia di zaman kuno diperkirakan sangat rendah dalam sepanjang sejarah umat manusia. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh tingginya angka kematian bayi di masa itu.

Di zaman Romawi kuno, misalnya, hanya 50 persen anak-anak diperkirakan mampu bertahan hidup hingga dewasa. Jika usia dewasa adalah 18 tahun, itu berarti hanya satu dari dua anak di Romawi kuno yang bisa mencapai usia 18 tahun.

Angka kematian dini serupa juga telah dihitung berdasarkan kerangka dari Eropa Zaman Perunggu dan Peru kuno. Akibatnya, angka harapan hidup sebelum abad ketujuh belas diperkirakan hanya 24 tahun.

Namun, ini tidak berarti bahwa orang tidak dapat mencapai usia lanjut. Bahkan, mereka yang berhasil melewati masa puber sering kali mendapatkan babak yang cukup baik.

Banyak bayi mati di zaman kuno. Hanya sebagian manusia yang bisa mencapai usia dewasa. (Vasnetsov 01)

Misalnya, penelitian terhadap hampir 300 pria Yunani-Romawi yang masa hidup mereka dicatat di kuburan mereka mengungkapkan bahwa usia rata-rata kematian adalah 72 tahun.

Menurut para peneliti dalam studi terkait ini, yang tertua dari individu-individu ini hidup hingga usia 107 tahun. Meski demikian tidak mungkin untuk memvalidasi usia yang tertera pada tulisan di batu nisan kuno.

Membantah keberadaan manusia berumur seratus tahun kuno ini, sebuah studi statistik yang sering dikutip menyatakan bahwa kemungkinan manusia mencapai usia 100 tahun sebelum abad kesembilan belas adalah nihil.