Tengaran di Istanbul yang Sarat akan Makna Budaya dan Sejarah

By Sysilia Tanhati, Rabu, 17 April 2024 | 11:19 WIB
Timur bertemu Barat di Istanbul, ibu kota Turki yang dinamis di sepanjang Bosphorus. Tengaran Istanbul yang beragam dan unik bersinar dengan makna budaya dan sejarah yang luar biasa. (Ante Samarzija/Unsplash)

Nationalgeographic.co.id—Timur bertemu Barat di Istanbul, ibu kota Turki yang dinamis di sepanjang Bosphorus. Tengaran Istanbul yang beragam dan unik bersinar dengan makna budaya dan sejarah yang luar biasa.

Istanbul adalah kota yang membutuhkan eksplorasi ketika Anda mengunjunginya. Sejarahnya bak menyusup ke setiap sudut kota. Kota ini merupakan jembatan sejati dari Timur ke Barat. Keunikan posisi geografis menjadikannya penting secara historis. Kota kaya sejarah ini jadi persimpangan jalan bagi banyak peradaban.

Istanbul juga pernah menjadi ibu kota Kekaisaran Romawi, Bizantium, dan Ottoman. Berikut beberapa situs bersejarah penting yang bisa Anda kunjungi di Istanbul.

Cistern Basilica (Basilika Cistern)

Basilika Cistern adalah salah satu situs bersejarah paling unik di dunia. Bangunan kuno yang terletak di dekat Masjid Hagia Sofia ini kerap dilewati oleh wisatawan.

Tangki air bawah tanah ini dibangun pada masa pemerintahan Kaisar Bizantium Justinian I. Basilika Cistern memasok air ke kota selama ratusan tahun. Dengan ukurannya yang sangat besar, sulit dipercaya bahwa struktur ini luput dari perhatian selama hampir seratus tahun pada abad ke-16.

Basilika Cistern (Memet Durmuş/Pexels)

Baru saja dibuka kembali pada bulan Juli 2022, Basilika Cistern tidak boleh dilewatkan ketika Anda mengunjungi Istanbul.

Waduk ini merupakan keajaiban teknologi kuno yang akan membuat Anda bertanya pada diri sendiri, “Bagaimana mereka membangunnya?”

Renovasi telah mengubah Basilika menjadi lebih dari sekadar waduk. Tempat ini juga merupakan museum yang memamerkan karya seni kuno dan instalasi kontemporer.

Museum Istana Topkapi

Ketika mengunjungi Museum Istana Topkapi, Anda bisa melihat banyak “harta karun” peninggalan Kekaisaran Ottoman. Taman yang indah, bangunan berornamen, dan emas bisa dinikmati di sana.