Nasib Pilu Perempuan Tiongkok di Balik Lukisan Cantik Dinasti Ming

By Utomo Priyambodo, Rabu, 8 Mei 2024 | 14:00 WIB
Ada kisah pilu perempuan Tiongkok pada masa Dinasti Ming di balik seni lukis yang menggambarkan wanita cantik pada era itu. (Qiu Ying)

Nationalgeographic.co.id—Pada masa Dinasti Ming (1368-1644), tema penting dalam seni lukis adalah penggambaran wanita cantik. Penggambaran ini menunjukkan betapa perempuan dianggap lebih rendah dibandingkan laki-laki.

Perempuan Tiongkok pada masa Dinasi Ming hanya dihargai karena penampilan fisiknya, aksi rendahanya, dan bakatnya yang dianggap cocok. Untuk menganalisis lukisan-lukisan wanita cantik ini, perlu diperoleh pengetahuan tentang periode waktu penciptaannya.

Penelusuran terhadap masa lalu memunculkan makna yang dihadirkan melalui simbolisme, setting, dan figur untuk mewujudkan spektrum kehidupan perempuan Tiongkok secara utuh yang terpampang di kanvas. Penaklukan terhadap perempuan akan dapat diidentifikasi dan lukisan-lukisan ini akan menandakan informasi tambahan tentang pandangan perempuan Tiongkok.

Perempuan Tiongkok dalam seni adalah bagian penting dari sejarah, membantu interpretasi tentang bagaimana mereka diperlakukan sebagai gender. Sangat penting untuk mempelajari perempuan Tiongkok dalam semua aspek sejarah untuk mengenali keseluruhan penderitaan perempuan Tiongkok dalam hidup.

Menurut peneliti sejarah seni dan seni visual di University of Wisconsin, Maura Zephier dan Gloria Eslinger, "Menganalisis lukisan Tiongkok lebih dari sekadar melihat estetika dasarnya. Simbolisme objek, tekstil, dan lingkungan sekitar sangat penting untuk memahami lukisan tertentu secara sebenarnya."

Setiap budaya dan periode waktu merefleksikan penggambaran realitas oleh seniman. Oleh karena itu, kita dapat memahami lukisan dan pemikiran senimannya dengan mempelajari sejarah budaya suatu masyarakat, tulis mereka berdua dalam sebuah makalah bertajul "The Callous Fate of Chinese Women During the Ming Dynasty—Explored Through Ostensibly Beautiful Paintings".

"Dalam hal ini, kita telah melihat mengapa sang seniman menggambarkan perempuan dengan cara yang ia lakukan dan bagian mana dari dunianya yang memengaruhi pandangannya. Demikian pula, kita memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kesulitan yang dihadapi perempuan dan anak perempuan karena sifat mereka yang patuh dan kemudian digambarkan dalam seni visual," jelas mereka.

Mary H. Fong, profesor seni dan sejarah seni di University of California, Davis, menulis bahwa perempuan Tionghoa dalam lukisan “harus digambarkan sebagai sosok yang cantik namun patuh, sopan dan bersahabat, tidak asertif dan menyenangkan, menyenangkan dan baik hati”

"Melalui analisis terhadap lukisan-lukisan sebelumnya, terlihat bahwa perempuan yang digambarkan itu persis seperti yang dikatakan Mary H. Fong, yaitu harus dieksekusi. Oleh karena itu, perempuan terlihat dalam lukisan yang dihasilkan oleh laki-laki karena mereka bertindak sesuai dengan aturan laki-laki pada masa Dinasti Ming," bebera mereka.

Inilah sebabnya mengapa perlu memahami realitas berbagai kesulitan gender perempuan selama periode Dinasti Ming. Bukan sekadar melihat lukisan berupa wanita cantik di atas kanvas.

Pemberontakan gundik Dinasti Ming yang terkenal adalah Konspirasi Renyin. Ini adalah upaya para gundik untuk melenyapkan Kaisar Jiajing yang kejam. (Palace Museum Archives)

Baca Juga: Obsesi Gila Jiajing, Kaisar Ming Tiongkok Peramu Darah Haid Gadis