SayaPilihBumi Gelar Aksi Pungut Sampah di Pantai Bali dan Mengubahnya Jadi Produk Berguna

By Utomo Priyambodo, Rabu, 22 Mei 2024 | 12:49 WIB
SayaPilihBumi dan Seasoldier menggelar aksi pemungutan sampah di Pantai Mertasari Sanur, Bali, dan mengolahnya menjadi produk yang lebih berguna. (Fae Lubis)

Nationalgeographic.co.id—Berkolaborasi dengan Seasoldier, SayaPilihBumi mengadakan kegiatan Beach Clean Up di Pantai Mertasari Sanur, Kota Denpasar, Bali. Kegiatan yang berlangsung pada Rabu pagi, 22 Mei 2024, ini diikuti oleh puluhan relawan.

Pantai Mertasari Sanur dipilih menjadi lokasi pembersihan karena merupakan muara akhir dari Sungai Pengembak. Oleh karena itu, dikhawatirkan akan ada banyak sampah dan limbah yang terbawa arus sungai hingga mengendap di pantai ini.

Kegiatan Beach Clean Up  ini diharapkan dapat memantik kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai. Selain itu, kegiatan ini diharapkan juga dapat mengedukasi masyarakat soal bagaimana menerapkan pengelolaan yang tepat dalam kehidupan sehari-hari dimulai, mulai diri sendiri dan di lingkungan sekitar terdekat.

Bagaimanapun, penghasil dan pembuang sampah terbanyak di bumi adalah manusia. Bahkan, perjalanan umat manusia di bumi diyakini telah tiba di era Antroposen, yaitu suatu zaman yang bermula ketika aktivitas manusia mulai memiliki pengaruh global terhadap ekosistem bumi.

Saat ini populasi manusia sudah lebih dari delapan miliar orang. Tentu, dengan populasi sebanyak itu kita telah mengubah wajah planet ini: sebut saja beberapa efek buruknya seperti menggunungnya limbah dan sampah, rusaknya ekosistem, hingga berkurangnya keanekaragaman hayati di bumi.

Kita tentu harus segera bertindak guna menyelamatkan tempat tinggal kita ini. Untungnya, masalah ini telah memantik masyarakat dan komunitas yang memiliki kepedulian pada lingkungan tempat mereka tinggal. Berbekal nyala semangat dan peranti terbatas, saat ini semakin beragam komunitas yang berupaya membebaskan lingkungan mereka dari sampah.

Mereka memunguti sampah dari pusat-pusat keramaian sampai sudut-sudut selokan. Tidak sekadar membersihkan lingkungan mereka dari sampah, mereka juga berupaya mendaur ulang sampah menjadi perkakas layak pakai.

Ramon Tungka menunjukkan beberapa sampah yang dipungut dari Pantai Mertasari Sanur, Denpasar, Bali, lewat kegiatan Beach Clean Up oleh SayaPilihBumi dan Seasoldier. (Fae Lubis)

Semangat kepedulian itu jugalah yang terus diusung dan diamplifikasi oleh SayaPilihBumi. Salah satunya dengan rangkaian kegiatan Beach Clean Up di Pantai Mertasari Sanur ini.

Editor at Large SayaPilihBumi, Ramon Tungka, mengatakan bahwa keterlibatan semua pihak mutlak dibutuhkan sebagai satu-satunya solusi untuk mengatasi persoalan lingkungan. “Harus kita akui bahwa perilaku kita telah membuat kita bergantung dan tenggelam di tengah gempuran sampah plastik yang menyesaki planet ini,” ujar Ramon.

“Jelas kita harus bersikap, mana yang lebih berharga? Bumi atau plastik? Saya pilih bumi!” tegas Ramon.

Baca Juga: Beach Clean Up, Langkah Awal Meningkatkan Kepedulian Sampah di Laut