Memberi Tanpa Mengotori: Kolaborasi SayaPilihBumi dengan Bikers Dakwah pada Hari Raya Iduladha

By National Geographic Indonesia, Selasa, 25 Juni 2024 | 10:30 WIB
Besek yang dipakai sebagai wadah daging kurban Iduladha yang diadakan oleh SayaPilihBumi dan Bikers Dakwah sebagai kegiatan #KurbanBebasPlastik. (SayaPilihBumi)

Nationalgeographic.co.id—Merayakan Hari Raya Kurban ramah lingkungan, SayaPilihBumi berkolaborasi dengan Bikers Dakwah mendukung penggunaan wadah “hijau” pengganti kantong plastik sekali pakai sebagai wadah pembagian kurban.

Dengan mengusung kampanye #KurbanBebasPlastik dengan jargon “Kita Memberi Tanpa Mengotori” SayaPilihBumi Bersama Bikers Dakwah berkomitmen untuk menyelamatkan bumi dan Kesehatan penghuni Bumi dengan mengurangi pemakaian kantong plastik sekali pakai melalui pendistribusian produk pengganti kantong plastik lainnya khususnya adalah besek bambu.

Program ini lahir karena kekhawatiran akan penumpukan kantong plastik sekali pakai pasca pemotongan hewan kurban, Dimana satu tempat pemotongan hewan kurban dapat menghasilkan 900 plastik. Padahal, plastik merupakan salah satu bahan yang tidak mudah terurai sehingga sangat merusak lingkungan.

Masalah kesehatan juga menjadi salah satu faktor yang mendorong untuk menjalankan program ini karena kantong plastik khususnya kantong plastik (keresek) hitam dianggap sebagai produk plastik yang paling rendah kualitasnya sehingga memungkinkan adanya potensi tercemarnya daging kurban dari bakteri mikroplastik.

"Di masa lampau para orang tua kita menggunakan wadah yang dapat dipakai kembali untuk pembagian daging kurban. Tentu bukanlah hal mustahil mempraktikkan hal yang sama untuk pembagian daging kurban di hari ini. Lebih ramah lingkungan dan mengurangi sampah plastik tanpa mengurangi kekhusyukan hari raya. Aksi kecil ini tentu memberikan dampak yang begitu besar bagi bumi," ujar Ramon Y Tungka Editor at Large SayaPilihBumi.

Bikers Dakwah sendiri merupakan wadah dakwah yang diinisiasi oleh Ust. Alfie Alfandy. Membawa konsep unik di mana hobi kegiatan berkendara motor berintegrasi dengan nilai keagamaan. Komunitas ini bertujuan sebagai wadah penyebaran ilmu agama, sekaligus memberikan ragam manfaat terutama untuk lingkungan sekitar, khususnya bagi para pecinta motor.

"Mencintai sesama makhluk adalah ajaran agama Salah satunya dengan Mencintai bumi, selamatkan dia dari pencemaran plastik yang merajalela," ujar Alfie Alfandy, Founder Bikers Dakwah.

Program ini dimulai dari Bikers Dakwah yang membuka donasi kepada masyarakat.  Setelah itu, tim SayaPilihBumi membelikan 375 besek bambu dari uang hasil donasi yang sudah terkumpul.

Sebelum hari Raya Iduladha 2024, tim SayaPilihBumi sudah bekerjasama langsung dengan para karang taruna maupun pengurus masjid yang akan menerima besek sekaligus nantinya akan mendistribusikan besek tersebut kepada para warga maupun penerima daging kurban sekitar masjid atau wilayah tersebut.

Secara rinci penyaluran besek bambu tersebut sudah disalurkan kepada:

• Masjid An-Nur, Jatiasih, Bekasi sebanyak 75 besek• Masjid Alhidayah, Pejaten Timur sebanyak 100 besek• Warga RT 05, Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur sebanyak 50 besek• Masjid Sunda Kelapa sebanyak 100 besek

Baca Juga: Gagasan Kurban Ramah Lingkungan: Jangan Pakai Kantong Plastik!

Adapun sisa 50 besek lainnya sudah diserahkan kepada anggota Bikers Dakwah untuk dibagikan kepada warga sekitar.