Kisah Yacuruna, Makhluk Air yang Kerap Menculik Manusia di Amazon

By Sysilia Tanhati, Jumat, 28 Juni 2024 | 10:05 WIB
Yacuruna adalah makhluk air misterius yang kehadirannya tersebar luas dalam tradisi lisan budaya asli di seluruh wilayah Amazon. (Nicolas/CC BY-NC-SA 2.0)

Nationalgeographic.co.id – Hutan hujan Amazon yang subur memiliki keanekaragaman hayati yang luas. Tidak hanya menjadi surga bagi flora dan fauna, Amazon juga menjadi tempat berkembang berbagai mitos dan legenda.

Salah satu tokoh yang paling menarik dan misterius dalam cerita rakyat Amazon adalah Yacuruna. Yacuruna adalah makhluk air misterius yang kehadirannya tersebar luas dalam tradisi lisan budaya asli di seluruh wilayah Amazon.

Yacuruna, yang namanya diterjemahkan menjadi "manusia air" dalam bahasa Quechua, sering digambarkan sebagai roh yang kuat. Ia penuh teka-teki dan terkadang jahat. Yacuruna menghuni kedalaman sungai dan danau Amazon.

Banyak yang mengatakan bahwa mereka yang memilih melintasi lanskap terpencil di kawasan ini, perlu selalu berhati-hati terhadap Yacuruna. “Karena yang bertemu dengan sosok itu sering kali tidak pernah terlihat lagi,” tulis Aleksa Vuckovic di laman Ancient Origins.

Mitos Yacuruna Bertahan dalam Cerita Rakyat Amazon

Secara historis, Yacuruna dianggap sebagai pelindung sekaligus penipu. Komunitas adat di lembah Amazon, seperti Shipibo-Conibo, Asháninka, dan lainnya, mewariskan cerita tentang makhluk-makhluk ini dari generasi ke generasi.

Menurut legenda, Yacuruna tinggal di kota-kota bawah air yang dibangun dari bahan kristal yang cemerlang. Kota-kota ini dianggap sebagai surga, penuh dengan keindahan dan kekayaan yang tak terbayangkan.

Yacuruna sendiri sering digambarkan memiliki kemampuan untuk mengubah penampilan. Ia biasanya digambarkan sebagai pria tampan atau wanita cantik saat memikat manusia.

Namun dalam wujud aslinya, mereka memiliki mata yang menghadap ke arah berbeda dan kaki yang terbalik, mengarah ke belakang. Deskripsi fisik yang unik ini dengan jelas menekankan sifat dunia lain Yacuruna. Juga membedakan Yacuruna dari manusia yang menghuni Amazon.

Sifat dualistik Yacuruna – sebagai entitas yang baik hati dan jahat – adalah tema yang berulang dalam pengetahuan Amazon. Di satu sisi, mereka diyakini memiliki kekuatan untuk menyembuhkan dan memberikan kebijaksanaan.

Dukun, atau tabib tradisional, sering kali meminta bimbingan Yacuruna selama upacara ayahuasca. Upacara tersebut merupakan ritual yang melibatkan minuman halusinogen ampuh yang terbuat dari tanaman lokal.

Baca Juga: Apakah Suku Amazon di Yunani Kuno adalah Lesbian atau Transgender?