Peta Dunia Babilonia Dikenal Penuh dengan Monster dan Misteri

By Utomo Priyambodo, Jumat, 5 Juli 2024 | 19:05 WIB
I mago Mundi atau Peta Dunia Babilonia sering dikatakan sebagai peta dunia tertua yang pernah ditemukan. (Osama Shukir Muhammed Amin FRCP(Glasg) via Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—I mago Mundi sering dikatakan sebagai peta dunia tertua yang pernah ditemukan. Peta ini dikenal juga sebagai Peta Dunia Babilonia.

Memang, secara ilmiah peta ini tidak seakurat Google Maps, dan juga tidak sehebat kartografi dari Abad Pertengahan. Namun, peta ini memberikan gambaran unik tentang cara orang Babilonia kuno memandang diri mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka.

Peta ini kemungkinan dibuat antara 2.600 hingga 2.900 tahun yang lalu. Kala itu Kekaisaran Neo-Babilonia sedang memimpin dunia dalam bidang arsitektur, budaya, matematika, dan terobosan awal dalam sains.

Penemuan kembali peta pada abad ke-19 hampir sama misteriusnya dengan objeknya sendiri. Berdasarkan Encyclopedia Britannica, artefak tersebut ditemukan oleh Hormuzd Rassam, seorang arkeolog terkenal yang menggali beberapa barang antik Asyur dan Babilonia terbaik yang pernah ditemukan, termasuk tablet yang berisi Epos Gilgames, karya sastra tertua di dunia.

Peta Dunia Babilonia ditemukan dalam sebuah kotak yang berkaitan dengan penggalian Rassam pada tahun 1881 di Sippar di Irak saat ini, sekitar 40 kilometer barat daya Bagdad modern.

Namun, beberapa orang percaya bahwa benda tersebut mungkin awalnya ditemukan di Borsippa, kota kuno lain yang terletak sekitar 115 kilometer selatan Bagdad. Saat ini peta dunia tertua itu berada dalam kepemilikan British Museum di London.

Tablet yang retak itu berukuran 12,2 kali 8,2 sentimeter dan dilengkapi peta melingkar di samping potongan teks yang ditulis dalam huruf paku. Mengingat kondisinya yang retak, beberapa informasi hilang dari artefak tersebut, meskipun penelitian ilmiah selama beberapa dekade telah berhasil mengumpulkan sebagian besar isinya.

Garis besar objek pada Peta Dunia Babilonia: Babel diberi label 13, sedangkan 14 – 17 menunjukkan lautan. (EvgenyGenkin via Wikimedia Common)

Peta tersebut menggambarkan Mesopotamia. Mesopotamia adalah wilayah bersejarah di Timur Tengah yang sering disebut sebagai "tempat lahirnya peradaban" karena di dalamnya terdapat beberapa peradaban dan budaya terkemuka sepanjang sejarah kuno, termasuk Babilonia dan Asiria.

Kebanyakan orang percaya bahwa kota Babel ditunjukkan dalam garis persegi panjang di dekat bagian atas bagian dalam peta (berlabel 13 pada ilustrasi di atas).

Garis-garis sejajar memotong persegi panjang ini dari atas ke bawah, tampak melambangkan Sungai Efrat. Sungai terkenal ini berasal dari pegunungan di utara, melewati Babilonia, dan kemudian mengarah ke daerah aliran rawa di selatan.

Baca Juga: 9 Peta Dunia yang Bisa Mengubah Pandangan, Banyak Fakta Mengejutkan