Selidik Hyperborea, Negeri Mitologi Yunani yang Diselimuti Hutan Ajaib

By Ricky Jenihansen, Selasa, 9 Juli 2024 | 07:00 WIB
Ilustrasi tanah misterius Hyperborea, yang disebutkan dalam mitologi Yunani. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id - Hyperborea adalah negeri misterius dalam mitologi Yunani yang diselimuti oleh hutan ajaib dan rimbun. Hutan tersebut bahkan memukai Hercules yang pernah pergi ke negeri tersebut.

Lokasi dan topografi pastinya tidak diketahui secara pasti, namun ia ditampilkan dalam berbagai legenda dari berbagai sumber dalam mitologi Yunani.

Informasi yang ada adalah bahwa Hyperborea konon berada di suatu tempat di ujung utara. Lantas apa lagi yang kita ketahui tentang negeri misterius ini?

Seperti Apa Hiperborea Itu?Menurut mitologi Yunani, Hyperborea adalah negeri yang misterius, sulit dipahami, hampir ajaib, tempat tinggal ras manusia yang disebut Hyperborean.

Penyair Yunani kuno Pindar menulis bahwa tidak ada penyakit atau bahkan usia tua di Hyperborea. Mereka bahkan tidak perlu bekerja keras untuk menghidupi diri mereka sendiri.

Dalam banyak hal, Zaman Keemasan Manusia seolah-olah masih berlaku di sana. Masyarakat Hyperborea sepertinya hidup dalam kedamaian.

Pindar, sekali lagi, mencatat bahwa penduduk negeri itu hidup tanpa pertempuran. Dia juga mengatakan bahwa mereka hidup 'tanpa rasa takut terhadap Nemesis.

Nemesis adalah dewi hukuman atas dosa keangkuhan, atau kesombongan terhadap para dewa. Mungkin ini berarti mereka mendapat kelimpahan abadi para dewa, atau mereka hanyalah orang-orang saleh yang selalu menghormati para dewa.

Detail lain tentang Hyperborea adalah bahwa ia diduga memiliki pepohonan yang menakjubkan dan ajaib. Pohon ini menyelimuti Hyperborea dari luar dan sulit untuk ditemukan.

Pindar sekali lagi mencatat detail itu. Ia menjelaskan bahwa Hercules sangat terkesan dengan pepohonan di sana sehingga ia ingin mengambil sebagian dan menanamnya di Yunani.

Apa Arti 'Hiperborea'?Detail penting tentang lokasi ini sebenarnya adalah namanya. Nama 'Hyperborea' berasal dari kata 'hyper', yang berarti 'di atas' atau 'di luar', dan 'Boreas', dewa angin utara Yunani.

Oleh karena itu, nama 'Hyperborea' pada dasarnya berarti 'Melampaui Angin Utara'. Ini membantu banyak ahli mengidentifikasi di mana lokasinya.

Letaknya di suatu tempat di utara, dari sudut pandang orang Yunani kuno. Menariknya, dewa Boreas sendiri diyakini pernah tinggal di Thrace.