7 Fakta Mitologi Yunani yang Sering Menyimpang dan Salah Dipahami

By Ricky Jenihansen, Kamis, 29 Agustus 2024 | 12:00 WIB
Banyak cerita dari mitologi Yunani kuno yang dikenal luas di seluruh dunia, namun beberapa di antaranya ternyata menyimpang. (Deposit Photos)

Nationalgeographic.co.id—Selama berabad-abad, Mitologi Yunani telah menjadi dasar bagaimana orang memandang dunia kuno.

Banyak cerita dari mitologi Yunani kuno yang dikenal luas di seluruh dunia, dan banyak pula yang difilmkan berdasarkan cerita tersebut.

Namun, penceritaan cerita-cerita kuno ini sering kali menyimpang dari fakta, yang menyebabkan serangkaian kesalahpahaman lama mengenai dewa-dewi Yunani kuno serta tokoh dan makhluk mitologi Yunani lainnya.

Berikut ini beberapa fakta mitologi Yunani yang menyimpang dan disalahpahami:

Hades bukanlah monster dalam mitologi Yunani

Sebagai dewa kematian dan dunia bawah, Hades memiliki sedikit kegelapan dan kejahatan yang terkait dengannya karena ia sering diperlakukan seperti versi Yunani kuno dari iblis Kristen.

Namun, bukan Hades sendiri yang memilih untuk menguasai dunia bawah. Ia dan saudara-saudaranya, Zeus dan Poseidon, mengundi untuk memutuskan siapa yang akan menguasai wilayah mana.

Anggap saja Hades tidak beruntung dan terjebak di dunia bawah sementara saudara-saudaranya, Zeus dan Poseidon, masing-masing diberi kekuasaan atas para Dewa dan laut.

Harus diingat, bahwa terlepas dari reputasinya, Hades bukanlah orang yang bertanggung jawab atas kutukan atau penebusan jiwa. Ketiga saudara dewa setengah dewa, Minos, Aiakos, dan Rhadamanthys, yang memutuskan nasib jiwa.

Ares tidak sekuat itu dan Artemis adalah seorang pembunuh

Ares mungkin adalah dewa perang, dan namanya mungkin sinonim untuk pertumpahan darah, tetapi dia selalu mematuhi perintah saudara perempuannya, Athena, dalam mitologi Yunani.

Baca Juga: Prometheus si Penipu Jenaka Tapi Kurang Ajar dalam Mitologi Yunani