Talchines, Sang Penyihir Jahat dan Perajin Andal dalam Mitologi Yunani

By Sysilia Tanhati, Senin, 30 September 2024 | 22:55 WIB
Telchines adalah penyihir jahat dan perajin andal. Dalam mitologi Yunani, mereka disegani sekaligus ditakuti. (Louvre Museum)

Nationalgeographic.co.id—Telchines dianggap sebagai penduduk asli Pulau Rhodes. Mereka juga tinggal di Ceos dan Kreta. Hesiod menyebut mereka penyihir jahat dalam mitologi Yunani dan Ovidius mengagungkan keterampilan legendaris mereka sebagai perajin. Mereka digambarkan sebagai makhluk mirip ikan dan setan yang bertindak sebagai penjaga Poseidon dan Zeus. Meskipun mereka sering membantu para dewa, kesombongan dan nafsu mereka akan kekuasaan akhirnya menyebabkan kehancuran.

Asal-usul Telchines

Asal-usul Telchines menjadi topik perdebatan berdasarkan berbagai sumber Yunani kuno dan Romawi. Beberapa catatan menunjukkan bahwa mereka adalah keturunan Tartarus, bapak purba para monster, dan Nemesis, Dewi pembalasan.

Sumber lain mengeklaim bahwa Telchines adalah anak-anak dewa purba Pontus dan Gaia, masing-masing personifikasi laut dan bumi. Namun, yang lain percaya bahwa Thalassa, personifikasi laut perempuan, adalah ibu mereka.

Dalam versi lain, Telchines diciptakan dari darah Uranus. Uranus adalah dewa purba dan personifikasi langit. Uranus dikebiri dengan sabit oleh putranya, Titan Cronos. Dalam versi ini, Telchines terbentuk ketika darah Uranus menetes ke Bumi, mirip dengan bagaimana kemarahan dan Aphrodite diciptakan. Beberapa juga mengatakan bahwa Poseidon adalah ayah mereka.

Penampilan Telchines

Telchines adalah makhluk aneh yang dikaitkan dengan laut dan sering disebut sebagai manusia ikan. Mereka dikenal memiliki tangan seperti sirip dan kepala seperti anjing. Deskripsi tentang mereka mirip dengan deskripsi tentang manusia duyung. Beberapa catatan menyatakan bahwa mereka memiliki tubuh bagian bawah seperti ikan dan tubuh bagian atas seperti manusia. Kulit mereka digambarkan kasar, seperti echinoides atau landak laut.

“Namun, Telchines tidak terbatas pada laut dan juga dikatakan dapat berjalan dan hidup di darat,” tulis Aiden Nel, BA di laman The Collector.

Telchines adalah makhluk kompleks dengan kualitas baik hati dan jahat. Dualitas mereka dapat dikaitkan dengan dua fitur mereka yang paling menonjol: kemampuan magis yang hebat. Telchines sering disebut sebagai iblis. Mereka memiliki keterampilan metalurgi dan artistik mereka yang tak tertandingi.

Penyihir jahat dalam mitologi Yunani

Telchines terkenal karena kemampuan magis yang luar biasa yang menentukan keberadaan mereka. Mereka sering disebut sebagai ahli sihir atau penyihir oleh para penulis kuno. Ada banyak kisah-kisah peringatan diceritakan tentang bahaya sihir mereka yang kuat.

Baca Juga: Singkap Legenda Penyihir-Penyihir nan Menakutkan dalam Berbagai Budaya