Kreatif dan Inspiratif: 25 Proposal Terbaik Toyota Eco Youth (TEY) Ke-13

By Utomo Priyambodo, Jumat, 4 Oktober 2024 | 10:00 WIB
Para pelajar SMA dan sederajat di Jabotabek dan sekitarnya turut hadir di acara Kick Off Toyota Eco Youth ke-13. (Donny Fernando/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Setelah menjalankan tahapan seleksi yang cukup ketat, tim penyelenggara program Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 besutan Toyota Indonesia (PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan PT Toyota-Astra Motor) akhirnya mengumumkan 25 proposal terbaik karya anak bangsa.

Sebanyak 25 proposal eco project ini telah disaring dari 1.125 proposal yang telah dikirimkan dari seluruh wilayah Indonesia. Bertemakan pengembangan unsur energi, sampah, udara, dan air, para siswa-siswi peserta TEY berlomba untuk mengasah inovasi dan kreativitasnya guna mencari solusi untuk perbaikan kondisi lingkungan yang juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Program TEY merupakan kompetisi proyek inovasi perbaikan lingkungan hidup untuk SMA dan sederajat yang diinisiasikan sejak tahun 2005. Memasuki dua dasawarsa, program TEY ke-1 hingga ke-13 ini telah melibatkan partisipasi pelajar SMA atau sederajat hingga 2.033 SMA dari 34 provinsi di Indonesia, dengan total proposal proyek mencapai hampir 9.972 proposal.

“Selamat kepada 25 proposal terpilih dari ribuan proposal yang sudah mengikuti kompetisi TEY ke-13 kali ini. Kami sangat mengapresiasi antusiasme dan kreatifitas para pelajar, atas kepedulian melalui ide-ide gagasan yang tertuang dalam proposal TEY, untuk mengelola serta memperbaiki kondisi lingkungan bahkan melibatkan partisipasi masyarakat sekitar," ujar Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, Bob Azam.

"Memasuki era transisi energi dan kemajuan teknologi, siswa-siswi SMA dan sederajat berhasil memanfaatkan ketersediaan energi baru terbarukan, sumber daya alam sekitar, bahkan melibatkan teknologi IoT (Internet of Things) dalam proposal TEY terbaik yang diberikan,” imbuh Bob.

Wakil Presiden PT TAM, Henry Tanoto, juga mengucapkan selamat kepada para peserta yang proposalnya terpilih dan apresiasi untuk semua peserta. “Pertama-tama selamat kepada 25 proposal terpilih, namun untuk pelajar yang tidak terpilih tidak perlu berkecil hati," ucap Henry.

"Setiap peserta yang telah mengirimkan proposal dalam Toyota Eco Youth telah menunjukkan dedikasi dan kreativitas yang luar biasa. Kami menghargai setiap usaha dan inovasi yang telah ditampilkan. Setiap langkah yang diambil menuju keberlanjutan adalah langkah yang berarti bagi keberlangsungan lingkungan hidup. Kami berharap semua peserta terus berkontribusi untuk menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan sekitar," kata Henry.

Kriteria Penilaian 25 Proposal Terbaik

Dalam mengkurasi 25 proposal terbaik, terdapat sejumlah kriteria penilaian yang diterapkan baik kriteria umum dan khusus. Secara umum, penilaian proposal ini juga tidak dilepaskan dari komitmen Toyota Global melalui Toyota Environmental Challenge (TEC) 2050 dalam mengatasi masalah lingkungan global.

Masalah lingkungan yang dimaksud antara lain perubahan iklim, kelangkaan air, kekurangan sumber daya alam serta hilangnya keanekaragaman hayati dalam jangka panjang. Toyota secara global mendeklarasikan komitmen pengentasan masalah ini untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan, yang sudah diterapkan pada seluruh aspek kegiatan Toyota baik di area produksi, supply chain, maupun lingkungan sekitar.

Secara khusus, penilaian proposal TEY ke-13 meliputi berbagai aspek, di antaranya orisinalitas proposal, proyeksi solusi yang dipaparkan untuk menyelesaikan isu-isu yang terjadi di lingkungan, keterlibatan pemangku kepentingan/stakeholder dalam mengimplementasikan ide-ide dari inovasi terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar secara keberlanjutan. Pada TEY ke-13 kali ini, TEY juga memulai program “TEY Mencari Bintang” untuk membangun kepedulian terhadap lingkungan pada sekolah-sekolah dengan kriteria tertentu.

Baca Juga: Mewakili 34 Provinsi, Inilah 100 Proposal Terbaik Toyota Eco Youth ke-13