Lubang Raksasa Muncul Tiba-Tiba di Selandia Baru, Apa Penyebabnya?

By Lutfi Fauziah, Kamis, 10 Mei 2018 | 18:00 WIB
Sinkhole di Selandia Baru (TVNZ/Reuters)

Penulis: Gloria Setyvani Putri

Baru-baru ini muncul sinkhole raksasa di Selandia Baru. Sinkhole adalah lubang di tanah yang terbentuk secara tiba-tiba.

Saking besarnya sinkhole yang muncul, tak salah jika sinkhole di Selandia Baru itu disebut sebagai salah satu sinkhole terbesar. Ukuran panjangnya saja mencapai dua kali lapangan sepak bola.  

Ahli gunung berapi Selandia Baru Brad Scott mengatakan kepada media setempat, sinkhole ini adalah lubang terbesar uang pernah dilihatnya. Ia menduga ukuran sinkhole ini berpotensi lebih besar.

Sinkhole yang ada di North Island, Selandia Baru itu terbentuk setelah kawasan tersebut diguyur hujan lebat. Penampakan ini pertama kali diketahui seorang peternak sapi saat sedang mengumpulkan sapi dan nyaris jatuh ke dalam lubang saat mengendarai sepedanya.

Baca juga: 

Bagaimana Bakteri Bisa Memakan Plastik? Ini Penjelasan Ahli KimiaDilansir National Geographic, Senin (7/5/2018), ini bukanlah Sinkhole pertama yang muncul di Selandia Baru. Beberapa tahun sebelumnya sudah ada sembilan sinkhole.

Selandia Baru memiliki beberapa garis patahan utama dan sinkhole lebih mungkin muncul di dekat garis patahan. Sinkhole terbaru ini muncul di atas medan batu apung, di mana tanah rawan ambruk.

Sinkhole di Selandia Baru

Menurut survei Geologi AS, sinkhole muncul saat air tanah tidak mengalir di permukaan dan menghancurkan batu di bawahnya. Batu kapur dan ladang garam adalah lahan yang paling sering menjadi tempat munculnya sinkhole ini.

Batu kapur dan ladang garam adalah lahan yang paling sering menjadi tempat munculnya sinkhole ini.