Peneliti Temukan Rusa Misterius Berkepala Dua di Hutan Minnesota

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 14 Mei 2018 | 11:28 WIB
Rusa berkepala dua yang ditemukan di hutan Minnesota. (University of Georgia)

Para pencari jamur di hutan Minnesota, Amerika Serikat, terkejut saat menemukan rusa ‘mutan’ yang sudah mati. Rusa tersebut memiliki dua kepala dalam satu tubuh.

“Ini sangat menakjubkan dan langka,” kata Gino D’Angelo, ekolog rusa dari University of Georgia yang mempelajari bangkai hewan misterius  tersebut.

“Kami tidak bisa memperkirakan kelangkaannya. Dari puluhan juta anak rusa yang lahir setiap tahun di AS, sangat mungkin terjadi kelainan di alam liar. Bahkan, mungkin ada yang tidak kita ketahui,” tambahnya.

Baca juga: Ilmuwan Sukses Latih Laba-Laba untuk Melompat, Apa Manfaatnya?

Kembar siam

Rusa yang ditemukan ini merupakan kembar siam. Kondisi tersebut biasa terjadi pada hewan-hewan peliharaan, seperti domba, sapi, dan kucing. Namun, itu jarang terjadi pada hewan liar.

Menurut literatur ilmiah dari 1671 hingga 2006, hanya ada 19 kasus kembar siam yang terjadi pada satwa liar. Lima di antaranya terjadi pada rusa.

Pada rusa berekor putih, diketahui hanya ada dua kasus kembar siam, itu pun saat mereka masih berupa janin dan tidak sempat dilahirkan karena mati di rahim induknya.

Tidak akan pernah bisa hidup

Para peneliti melakukan pembedahan, pindai CT, dan MRI pada tubuh rusa berkepala dua tersebut di laboratorium diagnostik University of Minnesota.

Mereka menemukan fakta bahwa anak rusa betina ini memiliki satu tubuh, tetapi tulang belakangnya menyimpang di bagian dada dan membelahnya jadi dua. Oleh karena itu, ia memiliki dua leher dan kepala yang terpisah.

Hasil pindai yang dilakukan kepada rusa kembas siam tersebut. (D'Angelo et al/The American Midland Naturalist)