5 Jenis Makanan untuk Buka Puasa yang Cepat Pulihkan Energi Anda

By Lutfi Fauziah, Kamis, 17 Mei 2018 | 09:43 WIB
Kurma mengandung karbohidrat tinggi, salah satu komponen pentingnya adalah fruktosa. (NelliSyr, Getty Images/iStockphoto)

Penulis: Aprinda Puji/Hellosehat.com

Puasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Ya, Anda tetap melakukan aktivitas seperti biasanya, walaupun tidak diperbolehkan makan atau minum sampai waktu berbuka tiba. Oleh karena itu, wajar bila tubuh merasa lemah dan lemas.

Untuk memulihkan kembali energi dalam tubuh yang sudah hilang, dianjurkan untuk menyegerakan berbuka. Makanan sehat apa saja yang mampu memulihkan energi setelah puasa? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kurma

Kurma menjadi salah satu buah paling populer selama bulan puasa. Bentuknya yang kecil, berwarna merah kecoklatan, dan manis ini sangat cocok untuk dijadikan makanan buka puasa. Mengapa?

Kurma mengandung karbohidrat tinggi, salah satu komponen pentingnya adalah fruktosa.

Jenis gula alami yang disebut dengan fruktosa ini, nantinya akan diolah oleh tubuh sebagai sumber energi. Itulah sebabnya makan kurma saat berbuka bisa memberikan Anda stamina setelah seharian berpuasa.

Baca juga: Lima Kebiasaan yang Membantu Anda Hidup Belasan Tahun Lebih Lama

Bukan hanya itu, kurma juga kaya akan mineral, vitamin, serat, dan antioksidan yang baik untuk sistem pencernaan, fungsi otak, kesehatan tulang, dan membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Bahkan, kurma memiliki potensi untuk mengendalikan kadar gula darah karena memiliki indeks glikemiks yang rendah sehingga aman dikonsumsi untuk pasien diabetes.

2. Madu

Tahukan Anda madu bisa jadi pengganti gula? Saat Anda membuat teh manis, madu bisa dijadikan pengganti gula yang biasanya sering Anda pakai. Bahkan, madu dipandang lebih baik dalam hal kesehatan dibanding dengan gula atau pemanis buatan lainnya.