Banyak Nyamuk Saat Musim Hujan Usai, Usir dengan 5 Cara Mudah Ini

By Gregorius Bhisma Adinaya, Jumat, 18 Mei 2018 | 11:30 WIB
Nyamuk betina membutuhkan darah untuk proses berkembang biak. (mycteria)

Apa yang ada di benak Anda ketika musim pancaroba datang? Bila Anda berpikir mengenai penyakit yang akan banyak merebak, Anda benar.

Salah satu penyebab penyakit yang sering kita temui adalah nyamuk. Hewan ini semakin mudah kita temui setelah musim hujan berakhir. Lembap adalah alasan utama mengapa hewan ini memilih berada di dalam rumah.

Baca juga: ‘Yanny’ atau ‘Laurel’: Mengapa Kita Bisa Mendengar Kata yang Berbeda?

Ruang tidur, lemari, area sekitar tanaman, bahkan ruang bermain anak seringkali tidak luput dihinggapi. Namun, jangan khawatir, berikut ini 5 langkah sederhana usir nyamuk dari rumah:

1. Hilangkan Genangan

Jangan sampai ada genangan di rumah dan sekitarnya. Bersihkan selokan, teras, halaman, hingga alas pot. Agar dampaknya lebih terasa, ajak pula para tetangga melakukan hal sama.

2. Bersihkan Pekarangan

Jangan biarkan matahari sulit masuk ke pekarangan. Pekarangan yang terang akan membuat nyamuk tidak betah. Rampingkan pepohonan yang mulai lebat, potong rumput secara rutin, rapikan tanaman yang kusut, dan sapu daun-daun yang gugur.

3. Angkut Sampah Padat

Jangan biasakan menumpuk barang yang tak terpakai. Segera buang barang-barang bekas, seperti kaleng, ban, atau ember. Sebab, barang-barang itu sangat mungkin menampung air hujan lalu menjadi tempat nyamuk bersarang. Bersihkan pula sudut-sudut rumah. Barang yang menumpuk di sudut akan menjadi rumah baru bagi nyamuk.

4. Hadirkan Angin Buatan

Keberadaan angin dapat mengganggu terbang serangga. Hadirkanlah angin buatan melalui kipas listrik. Nyamuk pun akan menyingkir dari rumah.