Menari Sambil Mabuk, Tradisi Piknik Musim Dingin Warga India

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 4 Juni 2018 | 10:05 WIB
Saat piknik, warga India akan bermain dan menari hingga kelelahan. (Arko Datto)

Di India Timur, bulan-bulan musim dingin jauh lebih menarik dibanding musim panas. Antara Desember dan Februari, udara panas yang menyesakkan menjadi lebih lembut.

Warga India yang menyukai kegiatan alam bebas, pergi ke sungai atau pantai untuk makan-makan, bernyanyi, dan menari, selama satu hari.

Sekelompok sahabat dan keluarga biasanya menyewa bus untuk pergi ke lokasi piknik. Mereka membawa banyak makanan serta minuman beralkohol. Sesaat setelah mendirikan tenda, kelompok tersebut lalu menyalakan lagu pop khas India dan memasak ayam dan nasi di atas api terbuka – sambil ditemani dengan wiski dan rum.

Di pinggir sungai atau pantai, mereka akan bermain dan menari hingga kelelahan.

Baca juga: Mengintip Tradisi Perayaan Waisak Dari Berbagai Negara di Dunia

Sekelompok keluarga biasanya menyewa bus atau truk untuk pergi ke lokasi piknik. (Arko Datto)

Rombongan keluarga yang hadir ke tempat piknik dengan bus. (Arko Datto)

Mereka juga membawa peralatan piknik dengan sebuah truk. (Arko Datto)

Arko Datto, fotografer asal Kolkata, mengamati tradisi piknik warga India tersebut selama bertahun-tahun, meskipun keluarganya tidak pernah melakukannya.

Ketertarikannya untuk memotret tradisi ini, berawal ketika ia mengobservasi insiden tragis di mana sebuah perahu yang membawa sekelompok warga untuk piknik, terbalik di sungai. Menurut keterangan Datto, perahu itu membawa muatan yang melebihi kapasitasnya.

Datto tak ingat berapa jumlah korban. Yang pasti, setelah itu, ia jadi tertarik mendokumentasikan kegiatan piknik musim dingin.

Sisi gelap