Lima Benda Paling Kotor di Ruangan Hotel Anda, Apa Sajakah?

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 5 Juni 2018 | 12:34 WIB
Ilustrasi kamar hotel. (Lutfi Fauziah)

Meskipun dianggap sebagai salah satu tempat ternyaman untuk menghabiskan liburan, namun kamar hotel tempat Anda menginap juga memiliki titik-titik tertentu yang menjadi pusat bakteri.

Inilah tujuh tempat paling menjijikan di ruangan hotel Anda menurut para ahli:

Bathtub

Bathtub bisa menjadi pusat bakteri tamu-tamu sebelumnya. Sebaiknya, Anda membatasi mandi di bathtub dan mengandalkan shower. “Ingatlah bahwa ada titik bakteri yang terbentuk dari waktu ke waktu di bak mandi,” kata Phillip Tierno, ahli mikrobiologi dan patologi di NYU School of Medicine.

Jika memang ingin mandi di bathtub, Tierno menyarankan untuk menyalakan air panas terlebih dahulu selama satu menit sambil menyemprotkan sabun ke permukaan bak.

Baca juga: Museum Bawah Laut Pertama di Amerika Serikat Dibuka Akhir Juni

Kepala shower

Meskipun begitu, shower juga bisa menjadi pusat bakteri. Permukaannya yang lembap merupakan tempat berkembang biak jamur. Ini dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti kaki atlet dan alergi.

Idealnya, alat ini harus diganti setiap tahun. Jika tidak diganti atau dibersihkan dengan benar, paparan bakteri dan jamur bisa menjadi masalah serius.

Toilet

Ketika berbicara mengenai toilet, gunakan logika Anda. Jika terlihat kotor, langsung minta kamar lain – atau pindah hotel.

Menurut Tierno, saat bepergian ke mana pun, sebaiknya selalu bawa tisu basah untuk membersihkan dudukan toilet dan flush.