Bukan Ilyushin 62M, Kim Jong Un Gunakan Pesawat Lain ke Singapura

By Gregorius Bhisma Adinaya, Senin, 11 Juni 2018 | 15:37 WIB
Kim Jong Un tiba di Bandara Internasional Changi, Singapura (Terence Tan)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, tiba di bandara internasional Changi, Singapura pada Minggu (10/6/2018) untuk bertemu dengan presiden AS, Donald Trump.

Kim Jong Un menggunakan pesawat Boeing 747 milik maskapai penerbangan Air China dan bukan pesawat kepresidenan Ilyushin 62M yang pernah digunakan pada saat berkunjung ke Tiongkok pada bulan lalu.

Baca juga: Diserang Nazi, Raja Inggris Sembunyikan Mahkota Dalam Kaleng Biskuit

Pesawat Air China yang digunakan oleh Kim Jong Un hanya satu dari tiga pesawat yang terdaftar sebagai pesawat yang membawa rombongan Korea Utara. Dua pesawat lainnya membawa anggota delegasi dan berbagai barang kebutuhan orang nomer satu di Korea Utara ini.

Pesawat milik Air China inilah yang akhirnya digunakan Kim Jong Un ()

Selain tiga pesawat komersil, rombongan Korea Utara juga membawa satu pesawat kargo,Ilyushin 76 buatan Uni Soviet yang diyakini membawa berbagai barang seperti makanan, mobil, hingga senjata.

Di dalam pesawat kargo itu diduga kuat terdapat beberapa mobil mewah antara lain Mercedes Benz yang akan digunakan Kim Jong Un selama di Singapura.

Setelah Boeing 747 milik Air China yang digunakan Kim Jong Un berangkat, sekitar pukul 15.40 waktu setempat, pesawat Ilyushin 62M pun tiba di Singapura.

Baca juga: Mungkinkah Oksigen di Bumi Tercipta Tanpa Proses Fotosintesis?

Sebelumnya diberitakan bahwa pemimpin Korea Utara ini akan menggunakan pesawat kepresidenan Korea Utara, Ilyushin 62M, untuk menyambangi Donald Trump di Singapura.

Pesawat ini sempat ramai diperbincangkan, bukan karena kemampuan jelajahnya, namun karena teknologi komunikasi yang dimilikinya.

Perkembangan teknologi komunikasi dalam dunia penerbangan berubah dengan cepat, sehingga teknologi dalam pesawat tersebut dinilai sudah tertinggal.